Gus Ipul Buka FKPU 2017 Di Alun-alun Sidoarjo

SIDOARJO (beritasidoarjo.com) Wakil Gubernur Jawa Timur (Wagub Jatim) H. Saifullah Yusuf membuka Festival Kesenian Pesisir Utara (FKPU) ke 11 tahun 2017 di Alun-alun Sidoarjo, Jum’at (10/3/2017).

Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah memberikan cinderamata kepada Wagub Jatim H. Saifullah Yusuf pada pembukaan FKPU di Alun-alun Sidoarjo.

Ada 14 kabupaten/kota di Jatim yang menjadi peserta FKPU tahun ini, diantaranya Kabupaten Sidoarjo, Tuban, Sumenep, Gresik, Lamongan, Bangkalan, Sampang, Pamekasan, Pasuruan, Probolinggo dan Situbondo serta kotanya adalah Surabaya, Pasuruan dan Probolinggo.

H. Saifullah Yusuf mengatakan bahwa digelarnya FKPU tidak lain untuk memelihara dan mempertahankan warisan budaya kesenian leluhur sehingga akan menguatkan identitas kesenian Jatim yang dimiliki.

“Kita juga ingin kesenian yang kita miliki menjadi ikon Jawa Timur,” katanya.

Pria yang akrab dipanggil Gus Ipul itu mengungkapkan bahwa kesenian yang diolah dengan baik akan menghasilkan keindahan dan akan mengangkat pertumbuhan ekonomi suatu daerah.

“Oleh karena itu setiap tahun kita gelar festival ini untuk memberikan panggung kepada mereka-mereka yang mau berkarya, mau menunjukkan prestasinya,” ungkapnya.

Ia meminta kepada para pelaku seni dan budaya untuk dapat memanfaatkan kegiatan seperti ini sehingga akan lahir seniman-seniman hebat yang dapat memajukan Jatim dan Indonesia.

Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah menyambut baik terselenggaranya FKPU di Kabupaten Sidoarjo serta berharap kegiatan seperti ini akan dapat membangun seni dan budaya antar daerah.

“Kabupaten Sidoarjo memiliki banyak kesenian yang menjadi andalannya,” ucapnya.

Di Kabupaten Sidoarjo ada banyak kesenian, diantaranya kesenian ludruk, wayang kulit, reog maupun jaranan dan musik patrol, campursari maupun orkes melayu.

Selain kesenian, Kabupaten Sidoarjo juga memiliki potensi wisata lain seperti Candi Pari, Makam Dewi Sekardadu serta sedekah laut atau nyadran.

“Kerajinan di Sidoarjo juga tidak kalah banyaknya, seperti kerajinan tas, sepatu maupun batik,” jelasnya.

Sementara itu, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Propinsi Jatim Jarianto menerangkan bahwa kegiatan FKPU yang dimulai pada tahun 2007 lalu itu penting untuk diselenggarakan karena kegiatan tersebut dapat memberikan makna, inspirasi dan kontribusi bagi perkembangan seni tradisi di Jatim.

“Melalui FKPU akan menambah wawasan serta pengalaman sesama pelaku seni pesisir utara,” terangnya.

Dalam FKPU kali ini banyak kegiatan yang di selenggarakan, diantaranya kegiatan sarasehan budaya yang diikuti oleh seniman dan budayawan, festival pertunjukan seni budaya 7 kabupaten/kota maupun pawai budaya yang akan di gelar hari Minggu (12/3/2017) nanti.

Selain itu juga digelar pesta rakyat yang menyediakan 7500 makanan gratis khas Sidoarjo serta pertunjukan orkes melayu di GOR Sidoarjo. (imams)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*