iklan

Munculnya Sumber Mata Air Hangat Gegerkan Warga Kebonagung

Warga berdatangan untuk mengambil air dari sumber mata air hangat di Desa Kebonagung-Porong.

PORONG (beritasidoarjo.com) Warga Desa Kebonagung, Kecamatan Porong geger gara-gara munculnya fenomena alam berupa sumber mata air hangat, Minggu (9/4/2017).

Munculnya air hangat yang sangat jernih itu terjadi di Dusun Kendal RT 26 RW 05 atau tepat berada di depan halaman rumah Kepala Desa (Kades) Kebonagung Sumanto Dwi Retno.

Munculnya air hangat yang secara tiba-tiba itu dipercaya dapat menyembuhkan segala macam jenis penyakit dan langsung tersebar dari mulut ke mulut yang membuat warga sekitar berbondong-bondong memadati lokasi untuk mendapatkan air tersebut.

Glendang (50 tahun) salah satu warga yang pertama kali mengetahui munculnya air hangat tersebut mengatakan bahwa fenomena alam itu terjadi sekitar pukul 07.00 wib pada Sabtu (8/4/2017) lalu.

“Saat itu saya sedang duduk di teras rumah dan melihat kepulan asap putih,” katanya.

Karena penasaran, ia kemudian mendekati asap putih yang semakin membesar tersebut dan langsung melaporkannya ke Kades Sumanto Dwi Retno.

Sedangkan warga lainnya yang melihat kepulan asap tersebut langsung melakukan penggalian karena merasa penasaran, dan muncullah air hangat setelah digali sedalam 50 cm.

“Sumber mata air hangat langsung keluar dari rongga-rongga tanah,” ucapnya.

Diungkapkan oleh Glendang bahwa sebelum munculnya sumber mata air tersebut sekitar sebulan yang lalu dirinya melihat cahaya berwarna hijau, beberapa saat kemudian berganti warna biru dan merah dilokasi kejadian.

Saat itu ia berencana mengambilnya, namun warna merah menyala tersebut menyerupai bola api yang semakin membesar.

“Saya ketakutan dan lari kedalam rumah. Setelah itu, saya tidak menggubrisnya lagi,” ungkapnya.

Ia juga menjelaskan bahwa sejak munculnya mata air hangat tersebut banyak warga yang datang untuk mengambilnya hingga berliter-liter, namun airnya tidak pernah susut.

Hal senada juga disampaikan oleh KadesSumanto Dwi Retno bahwa pada saat pertama kali mendapatkan laporan, ia tidak percaya dengan munculnya sumber mata air hangat tersebut.

“Setelah melihat dengan kasat mata, baru saya percaya bahwa ada sumber mata air hangat ditempat itu,” sampainya.

Ia juga merasa heran terkait munculnya sumber mata air hangat tersebut karena di lokasi itu tidak ada saluran pipa PDAM ataupun saluran pipa gas. (imams)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*