iklan

Sebanyak 6 Ribu Lebih Lowongan Kerja Tersedia Di BKT 2017

Cak Nur meninjau langsung pembukaan BKT tahun 2017 di gedung Indoor Gor Sidoarjo.

SIDOARJO (beritasidoarjo.com) Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Sidoarjo menyelenggarakan Bursa Kerja Terbuka (BKT) tahap pertama tahun 2017 di gedung Indoor Gor Sidoarjo, Kamis (4/5/2017).

Sebanyak 50 perusahaan ikut dalam BKT tahap pertama kali ini dengan 6.182 lowongan kerja tersedia, dimana ada sekitar 5 ribu orang pencari kerja yang sudah mendaftar di Disnaker Kabupaten Sidoarjo dari lulusan SMA hingga perguruan tinggi.

M. Husni Thamrin Kepala Disnaker Kabupaten Sidoarjo mengatakan bahwa perusahaan-perusahaan yang ikut BKT tahap pertama tahun 2017 ini sudah terverifikasi sebagai perusahaan sehat.

“Dalam BKT tahun 2017 ini ada 6 ribu lebih lowongan pekerjaan yang tersedia,” katanya.

Dijelaskan oleh M. Husni Thamrin bahwa tujuan diselenggarakannya BKT ini untuk memberikan pelayanan bagi para pencari kerja dan perusahaan yang membutuhkan tenaga kerja.

Karena dengan adanya BKT ini, pihak perusahaan bisa langsung bertemu dan  interview dengan para pelamar/pencari kerja.

“Antusiasme masyarakat sangat tinggi untuk melamar kerja melalui BKT, ada 5 ribu orang yang sudah mendaftar ke kantor Disnaker,” jelasnya.

Ia juga mengungkapkan bahwa BKT dilaksanakan dalam 2 tahap setiap tahunnya, yaitu tahap I dilaksanakan pada bulan Mei dan tahap II dilaksanakan pada bulan Oktober.

Kabupaten Sidoarjo merupakan daerah urban atau daerah yang menjadi tujuan para pencari kerja sehingga dengan adanya BKT ini diharapkan dapat membantu masyarakat dan memudahkan masyarakat dalam menjajaki peluang untuk berkarier di perusahaan-perusahaan yang sesuai dengan pilihan dan kemampuannya.

Sementara itu, Wakil Bupati H. Nur Ahmad Syaifuddin, SH menuturkan bahwa persoalan pengangguran menjadi persoalan yang besar apabila pemerintah tidak mampu mencari jalan keluarnya.

“Karena jumlah kemiskinan sangat berhubungan erat dengan jumlah pengangguran. Dengan adanya program BKT ini, merupakan bagian dari solusi mengurangi angka pengangguran,” tuturnya.

Untuk itu, pria yang akrab dipanggil Cak Nur itu menghimbau kepada masyarakat agar memanfaatkan dengan sebaik-baiknya fasilitas yang diberikan oleh Disnaker Kabupaten Sidoarjo.

Namun ia juga mengingatkan agar masyarakat atau para pencari kerja untuk terus meningkatkan kompetensi, perilaku jujur dan disiplin yang ketiganya adalah modal utama orang dalam mencari kerja.

“Bagi masyarakat yang belum mendaftarkan diri ke Disnaker atau belum diterima kerja pada tahap pertama ini, nanti pada bulan Oktober akan ada kesempatan lagi,” pungkasnya. (imams)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*