iklan

Desa Ploso Gelar Sedekah Bumi Dengan Pengajian Umum

Warga sangat antusias menghadiri pengajian umum di pendopo Balai Desa Ploso dalam rangka sedekah bumi.

KREMBUNG (beritasidoarjo.com) Desa Ploso, Kecamatan Krembung menggelar acara Sedekah Bumi dan Ruwat Deso sebagai ucapan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa dan untuk mengenang serta mendoakan Mbah Pungkur dan Mbah Kuning yang babat alas atau sesepuh Desa Ploso.

Saiful Efendi Kepala Desa (Kades) Ploso mengatakan bahwa sedekah bumi merupakan tradisi dan agenda tahunan masyarakat sebagai wujud persatuan serta kekompakan warga Desa Ploso, Sabtu (13/5/2017).

“Dari tadi pagi diadakan Khotmil Qur’an di 20 Musholla yang ada di Desa Ploso,” katanya.

Kemudian pada malam harinya diadakan pengajian umum di pendopo Balai Desa Ploso dengan penceramah KH. Syamsul Abadi Al Hafidz dari Jombang.

Diungkapkan oleh Saiful Efendi bahwa sedekah bumi merupakan warisan dari nenek moyang yang sudah berjalan ratusan tahun.

oleh karena itu, ia meminta kepada masyarakat Desa Ploso agar melestarikannya dalam rangka membangun desa lebih baik lagi.

“Tradisi sedekah bumi merupakan bentuk ritual  masyarakat Desa Ploso yang sudah berlangsung secara turun-temurun mulai dari nenek moyang dulu,” ungkapnya.

Ia juga menjelaskan bahwa sedekah bumi dilakukan oleh masyarakat Jawa yang berprofesi sebagai petani yang menggantungkan hidupnya dengan memanfaatkan kekayaan alam.

Selain itu, sedekah bumi sudah menjadi salah satu bagian yang tidak akan bisa dipisahkan dari budaya Jawa.

“Sedekah bumi menyiratkan simbol penjagaan terhadap kelestarian alam yang ada di Desa Ploso,” jelasnya.

Maka dari itu, Pemerintah Desa (Pemdes) Ploso bersama masyarakat akan terus menyelenggarakan acara sedekah bumi setiap tahunnya untuk melestarikan budaya lokal dan sebagai ungkapan rasa syukur atas limpahan rezeki serta nikmat yang telah diberikan oleh Tuhan yang Maha Esa. (zen)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*