Kartarcam Gedangan Bersihkan Sungai Mangetan Kanal Dari Sampah

GEDANGAN (beritasidoarjo.com) Bersama instansi terkait, kader-kader Karang Taruna Kecamatan (Kartarcam) Gedangan turun ke sungai Mangetan Kanal untuk membersihkan sampah-sampah yang menyumbat aliran sungai, Minggu (30/7/2017).

Aksi bersih-bersih sungai Mangetan kanal oleh Kartarcam Gedangan bersama instansi terkait.

Fajar Pradita Ketua Kartarcam Gedangan mengatakan bahwa gerakan sosial dengan membersihkan sungai Mangetan Kanal sepanjang 8 kilometer tersebut merupakan hasil rapat koordinasi dengan instansi terkait pada tanggal 11 Juli 2017 yang lalu.

“Dari Karang Taruna sendiri, kita terjunkan sekitar 80 kader. Masing-masing desa mengirimkan 10 sampai 15 kader dari 6 desa yang dilewati sungai Mangetan Kanal,” katanya.

Diungkapkan oleh Fajar Pradita bahwa aksi sosial yang dilakukan Kartarcam Gedangan bersama instansi terkait tersebut sebagai aksi nyata dari kader-kader Karang Taruna di Kecamatan Gedangan terhadap permasalahan-permasahan sosial yang terjadi disekitarnya.

Karena menurut Fajar Pradita bahwa akibat dari pembuangan sampah yang dilakukan oleh pihak-pihak tak bertanggung jawab menyebabkan sungai Mengetan Kanal mengalami pendangkalan dan penyumbatan.

“Sehingga kalau hujan turun, lingkungan sekitar sungai mengalami banjir karena air sungai yang meluap dan tidak mampu menampung air hujan,” ungkapnya.

Maka dari itu, Kartarcam Gedangan bersama instansi terkait lainnya secara swadaya melakukan pembersihan sungai dari tumpukan sampah mulai dari Desa Ganting sampai Desa Wedi sehingga diharapkan sungai tersebut bisa berfungsi secara normal dan tidak menyebabkan banjir meskipun debit air tinggi atau sedang turun hujan.

“Kami berharap warga tidak lagi membuang sampah ke sungai ini lagi,” harapnya.

Sementara itu, Imam Safi’i Ketua Karang Taruna Kabupaten (Kartarkab) Sidoarjo ditemui secara terpisah menuturkan bahwa pihaknya mengapresiasi aksi sosial bersih-bersih sampah di sungai Mangetan Kanal yang dilakukan oleh kader-kader Kartarcam Gedangan bersama instansi terkait tersebut.

Ia menilai bahwa yang dilakukan oleh kader-kader Kartarcam Gedangan bisa menjadi contoh bagi kader-kader Karang Taruna dari kecamatan-kecamatan lainnya yang ada diwilayah Kabupaten Sidoarjo.

“Ini adalah salah satu contoh kepedulian Karang Taruna terhadap permasalahan-permasalahan yang terjadi dilingkungan sekitarnya,” tuturnya.

Selain Kartarcam Gedangan, ada beberapa intansi lainya yang terlibat dalam gerakan sosial normalisasi sungai Mangetan Kanal tersebut, diantaranya Balai Besar Sungai Berantas Surabaya, Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kabupaten Sidoarjo, Pegawai Kecamatan Gedangan, Kepala Desa dan Perangkat Desa se-Kecamatan Gedangan.

Arhanudse 8 Gedangan, Polsek Gedangan, Koramil Gedangan, Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kecamatan Gedangan, Banser Kecamatan Gedangan dan Pramuka Kecamatan Gedangan. (zen)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*