Plengsengan Kali Porong Ambrol, Warga Jabon Was-was

Kondisi plengsengan Kali Porong yang ambrol di Desa Dukuhsari, Kecamatan Jabon.

JABON (beritasidoarjo.com) Plengsengan Kali Porong yang terletak disisi selatan timur jembatan Tol lama di Desa Dukuhsari, Kecamatan Jabon ambrol sekitar 50 meter, Jum’at (11/8/2017).

Ambrolnya plesengan yang terjadi sejak seminggu yang lalu itu membuat warga yang tinggal tidak jauh dari lokasi dihantui oleh rasa takut dan was-was karena takut kalau sampai tanggul Kali Porong sampai jebol.

Arifin (47 tahun) salah satu warga yang rumahnya tidak jauh dari lokasi ambrolnya tanggul tersebut mengatakan bahwa kejadian ambrolnya tanggul Kali Porong itu terjadi sekitar pukul 14.00 WIB seminggu yang lalu.

“Saat itu saya sedang mencari rumput, tiba-tiba ada getaran tanah seperti gempa,” katanya.

Arifin yang merasa ketakutan langsung lari kearah timur dan setelah geteran tanah seperti gempa itu berhenti, ia berusaha mencari berusaha mencari penyebab terjadinya getaran tanah tersebut.

“Setelah saya tengoh kebawah, ternyata plengsengan itu ambrol,” ucapnya.

Diungkapkan oleh Arifin bahwa plengsengan Kali Porong itu keadaannya sudah lama menggantung karena terkikis oleh arus air sungai yang cukup deras apabila volumenya meningkat, terutama pada saat musim hujan.

Untuk itu, ia berharap agar segera ada perbaikan dari pemerintah karena kalau terus dibiarkan bisa membuat tanggul Kali Porong bisa jebol yang akan merendam pemukiman warga diwilayah Kecamatan Jabon.

“Kalau kemarau seperti saat ini, memang tidak masalah. Namun ketika musim penghujan datang, tanggul bisa jebol yang menyebabkan banjir di Jabon,” pungkasnya. (imams)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*