iklan

Cak Nur Buka LT II Pramuka Penggalang se-Kecamatan Tulangan

Cak Nur mengajak foto bersama peserta LT II Pramuka Penggalang Gugus Depan Kecamatan Tulangan.

TULANGAN (beritasidoarjo.com) Wakil Bupati Sidoarjo H. Nur Ahmad Syaifuddin, SH membuka acara Lomba Tingkat (LT) II Pramuka Penggalang di lapangan Desa Kebaron, Kecamatan Tulangan, Jum’at (22/9/2017).

Ratusan anggota Pramuka Penggalang tingkat SD/MI dan SMP/MTs negeri/swasta se-Kecamatan Tulangan yang mengikuti Lomba Tingkat (LT) II di lapangan Desa Kebaron itu akan berkemah selama 3 hari, yaitu mulai tanggal 22-24 September 2017.

Wakil Bupati Sidoarjo H. Nur Ahmad Syaifuddin mengatakan bahwa LT II adalah kegiatan unjuk prestasi anggota Pramuka selama mengikuti latihan di gugus depan.

Melalui kegiatan tersebut diharapkan akan menambah ilmu pengetahuan yang tidak pernah didapat dilingkungan sekolah maupun keluarga.

“Lomba Tingkat juga sebagai ajang mengukur prestasi regu selama berlatih secara rutin di gugus depan,” katanya.

Dalam kesempatan itu pria yang biasa dipanggil Cak Nur berharap agar peserta LT untuk memanfaatkan kegiatan tersebut dengan sebaik-baiknya dalam mempergunakan waktu dengan baik saat mengikuti materi lomba yang telah disiapkan oleh kakak-kakak panitia.

Ia juga meminta kepada kakak-kakak pembina, pendamping dan panitia untuk mendampingi para peserta LT II dengan sabar.

“Berikanlah ketrampilan yang sesuai dengan tingkatan anggota pramuka agar apa yang didapat setelah mengikuti Lomba Tingkat II ini dapat bermanfaat bagi diri pribadi dan lingkungannya,” pintanya.

Sebelum membuka kegiatan LT II, CaK Nur juga melantik Pengurus Kwarran Gerakan Pramuka Kecamatan Tulangan di Balai Desa Kebaron dan menetapkan Dra. Harti Siswantini sebagai ketua Kwarran Gerakan Pramuka Kecamatan Tulangan periode 2017-2022.

Diharapkan dengan Pengurus Kwarran Gerakan Pramuka Kecamatan Tulangan yang baru dapat meningkatkan mutu dan kualitas gerakan Pramuka diwilayahnya.

“Gerakan Pramuka  mempunyai tugas pokok penyelenggaraan pendidikan kepramukaan bagi kaum muda,” ucapnya.

Melalui Gerakan Pramuka akan tumbuh tunas bangsa yang lebih baik, bertanggung jawab serta mampu membina dan mengisi kemerdekaan dengan baik.

Sementara itu, Sekretaris Kwarran Gerakan Pramuka Kecamatan Tulangan Joko Sugianto menungkapkan bahwa kegiatan LT II kali ini adalah seleksi anggota Pramuka untuk ikut ke LT III, dimana peserta LT II terbaik akan mewakili Kwarran Gerakan Pramuka Kecamatan Tulangan di LT III Kwarcab gerakan Pramuka Kabupaten Sidoarjo.

“Nantinya pemenang LT III tingkat SD akan mendapatkan prioritas memilih sekolah SMP lewat jalur prestasi,” ungkapnya.

Dijelaskan oleh Joko Sugianto bahwa ada beberapa jenis kegiatan dalam LT II, diantaranya lomba mendirikan tenda, tapak kemah, simapore maupun pionering.

“Ada 20 jenis kegiatan kepramukaan yang dilombakan.  Teknik-teknik kepramukaan yang ada di pendidikan kepramukaan seperti itu semuanya dilombakan disini,” jelasnya.

Kegiatan LT II ini adalah program kerja tahunan dari Kwarran Gerakan Pramuka Kecamatan Tulangan yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan yang telah diperoleh anggota Pramuka Penggalang di gugus depan.

“Selain itu kegiatan LT II juga untuk mengukur ilmu kepramukaan peserta didik yang didapat di gugus depan,” pungkasnya. (imams/kominfo)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*