iklan

Menkes RI Tinjau Pabrik Jarum Suntik Di Krian

Menkes RI Nila F. Moeloek didampingi Wakil Bupati Sidoarjo H. Nur Ahmad Syaifuddin mengunjungi pabrik PT. Jayamas Medica Industri di Kecamatan Krian.

KRIAN (beritasidoarjo.com) Menteri Kesehatan Republik Indonesia (Menkes RI) Nila F. Moeloek didampingi Wakil Bupati Sidoarjo H. Nur Ahmad Syaifuddin mengunjungi pabrik PT. Jayamas Medica Industri di Kecamatan Krian, Rabu (4/10/2017).

PT. Jayamas Medica Industri memproduksi berbagai unit Alat Kesehatan (Alkes) bermerek Stera dan OneMed yang merupakan buatan dalam negeri, seperti produk alat tes kehamilan merk Onemed, jarum suntik, kassa, alat bantu penderita batu ginjal dan beberapa produk lainnya.

Dikatakan oleh Menkes RI Nila F. Moeloek bahwa produk Alkes hasil produksi dari PT. Jayamas Medica Industri ini kualitasnya sudah layak dan memenuhi Standar Nasional Indonesia (SNI) serta pemasarannya juga sudah sampai luar negeri hingga ke negara Brasil.

“Saya tadi sudah melihat langsung proses produksinya, semuanya sudah memenuhi standar yang telah ditetapkan oleh Kementerian Kesehatan RI,” katanya.

Diungkapkan oleh Nila F. Moeloek bahwa sampai dengan saat ini kebutuhan jarum suntik sangat tinggi, sehingga pemerintah harus melakukan kerjasama dengan negara lain untuk memenuhi kebutuhan itu seperti negara Jepang.

Untuk itu, ia merasa bangga ternyata di Kabupaten Sidoarjo ada pabrik yang sudah memproduksi jarum suntik dengan skala besar.

“Saya kira nantinya kita tidak perlu lagi kerjasama dengan negara lain karena negara kita sudah mampu memproduksi sendiri Alkes seperti jarum suntik,” ungkapnya.

Dijelaskan oleh Nila F. Moeloek bahwa PT. Jayamas Medica Industri juga memproduksi alat kesehatan berupa kassa yang bekerja sama dengan Usaha Kecil Menengah (UMK).

“Kerja sama ini bagus sekali, UKM dengan industri. Jadi sekarang kassa tersebut sudah sterilisasi dan sudah bisa dipasarkan. Yang lebih penting kita mensosialisasikan agar kita memakainya, selain itu bisa memproduksi 300 juta masker setiap tahunnya,” jelasnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Sidoarjo Nur Ahmad Syaifuddin menerangkan bahwa pihaknya memberikan dukungan penuh kepada Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI dalam pengembangan pabrik Alkes di Sidoarjo karena keberadaannya sangat membantu perekonomian warga.

“Seperti PT. Jayamas Medica Industri ini, mampu menyerap ratusan tenaga kerja. Ini sangat membantu perekonomian Kabupaten Sidoarjo,” terangnya. (imams/kominfo).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*