iklan

Masuk Bui Setelah Curi Burung Tetangga

Tersangka beserta barang bukti saat diamankan di Polsek Tulangan.

TULANGAN (beritasidoarjo.com) Khoiri alias Menyok (44 tahun) warga Desa Jiken RT 08 RW 02, Kecamatan Tulangan digelandang dan dijebloskan ke sel tahanan oleh anggota Unit Reserse dan Kriminal (Reskrim) Polsek Tulangan.

Kapolsek Tulangan AKP Nadzir Syah Basri mengatakan bahwa tersangka terpergok mencuri 6 ekor burung love bird senilai Rp 70 juta milik tetangganya sendiri yang bernama A’an Afrianto (35) pada Minggu (3/9/2017) lalu.

Dikatakan oleh AKP Nadzir Syah Basri bahwa aksi pencurian yang dilakukan oleh tersangka sekitar pukul 02.30 WIB (dini hari) saat korbannya sedang tertidur lelap, Rabu (4/10/2017).

“Korban baru terbangun ketika ada tetangganya yang berteriak maling-maling,” katanya.

Korban dan tetangganya yang mengetahui aksi pencurian oleh tersangka itu langsung melakukan pengejaran kearah utara atau petuangan Desa Jiken.

“Tersangka sudah kabur entah kemana. Korban memutuskan untuk kembali pulang kerumah,” ucapnya.

Betapa kagetnya korban karena setelah dilakukan pengecekan dilantai dua rumahnya, ternyata 10 ekor burung love bird peliharaannya sudah tidak ada didalam sangkarnya masing-masing.

Peristiswa hilangnya burung peliharaan itu oleh korban langsung dilaporkan ke Polsek Tulangan agar segera ditindak lanjuti secara hukum.

Untuk mengungkap aksi pencurian itu, anggota Unit Reskrim Polsek Tulangan tidak membutuhkan waktu lama untuk menangkap tersangka dirumahnya.

“Dari keterangan beberapa saksi dan sesuai ciri-cirinya, akhirnya tersangka berhasil ditangkap,” ungkapnya.

Dijelaskan oleh Nadzir Syah Basri bahwa sebelum melakukan aksi pencurian, pada siang harinya tersangka terlebih dahulu melakukan pengintaian dan mengamati rumah korban dengan menggunakan sepeda motor Honda Beat Nopol W 6729 YO.

“Setelah mengelilingi rumah yang menjadi target sasaran. Di malam harinya, tersangka menjalankan aksinya,” jelasnya.

Sementara itu, berdasarkan keterangan tersangka bahwa dirinya mencuri 10 ekor burung love bird itu dengan cara memanjat pagar rumah korban dan memasukkan hasil curiannya tersebut kedalam jaket yang diapakainya.

“Rencananya burung itu akan saya jual dan uangnya untuk kebutuhan hidup,” ujarnya.

Dari tangan tersangka, anggota Unit Reskrim Polsek Tulangan berhasil mengamankan Barng Bukti (BB) 6 ekor burung love bird, 1 unit sepeda motor Honda Beat dan 1 buah jaket warna biru.

Akibat perbuatannya, tersangka akan dijerat dengan pasal 363 KUHP tentang tindak pidana pencurian yang ancaman hukumannya 5 tahun penjara. (imams)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*