iklan

Diskominfo Kabupaten Sidoarjo Hadirkan Kadiskominfo Kabupaten Bojonegoro Dalam Rakor P3M

Suasana Rakor P3M yang diselenggarakan Diskominfo Kabupaten Sidoarjo di ruang rapat Delta Graha Lantai III Setda Kabupaten Sidoarjo.

SIDOARJO (beritasidoarjo.com) Pusat Pelayanan Pengaduan Masyarakat (P3M) Kabupaten Sidoarjo direncanakan terintegrasi dengan program Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR) milik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia (PANRB RI).

Program LAPOR tersebut dalam satu Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N) yang langsung dipantau oleh kantor staf Presiden RI dan Ombudsman.

Hal tersebut di bahas dalam Rapat Koordinasi (Rakor) P3M yang diselenggarakan Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Sidoarjo di ruang rapat Delta Graha Lantai III Setda Kabupaten Sidoarjo, Rabu (4/10/2017).

Seluruh Organisasai Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Sidoarjo dan instansi vertikal yang menangani bidang pengelolaan pengaduan masyarakat diundang dalam Rakor tersebut.

Dalam Rakor tersebut Kepala Diskominfo Kabupaten Bojonegoro Kusnandaka Tjatur P dihadirkan bersama Kepala Bidang (Kabid) Layanan e-Government Diskominfo Kabupaten Bojonegoro Alit Saksama Purna Yoga.

Kadiskominfo Kabupaten Sidoarjo Drs, Y. Siswojo mengungkapkan keinginannya untuk mengintegrasikan P3M yang dikelolanya dengan program LAPOR SP4N milik Kementerian PANRB tersebut.

Dirinya juga pernah diundang Propinsi Jawa Timur (Jatim) serta Kementerian PANRB terkait program LAPOR SP4N tersebut.

“Setelah pengintegrasian nantinya pengaduan yang ada akan diteruskan ke program LAPOR,” ungkapnya.

Dikatakan oleh Drs, Y. Siswojo bahwa dihadirkannya Diskominfo Kabupaten Bojonegoro sebagai narasumber karena telah menerapkan LAPOR SP4N sehingga pihaknya ingin mengetahui pelaksanaan penerapan LAPOR SP4N yang telah dilakukan Kabupaten Bojonegoro.

Kreteria keberhasilan OPD dalam menjalankan tugas dan fungsinya dapat diukur dari pengaduan masyarakat karena dari pengaduan tersebut dapat dilihat mana saja OPD yang berkinerja baik.

“Sepanjang tahun 2017, jumlah pengaduan masyarakat yang masuk ke P3M  sebanyak 431 aduan,” katanya.

Pengaduan terbanyak masalah Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP) yang ditujukan kepada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Sidoarjo .

“Kemudian pengaduan masalah  penataan PKL dan jalan rusak,” ucapnya.

Untuk itu, ia meminta seluruh pengaduan tersebut dapat ditanggapi dan diselesaikan oleh OPD yang terkait karena dengan begitu kehadiran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sidoarjo dapat dirasakan oleh masyarakat.

Sementara itu, Kadiskominfo Kabupaten Bojonegoro Kusnandaka Tjatur menerangkan bahwa diawal-awal pelaksanaan penerapan LAPOR SP4N mendapatkan tantangan yang cukup berat.

Cibiran dari kepala OPD terkait pengaduan diinstansinya kadang terlontar kepada dirinya, namun saat ini sudah berubah dan bahkan sekarang para kepala OPD terkadang menanyakan langsung apakah ada laporan pengaduan masyarakat yang terkait dengan OPD tersebut.

Dalam pelaksanaan penerapan LAPOR SP4N, dilakukan pembahasan pengaduan masyarakat bersama Bupati dengan seluruh OPD yang ada.

“Pengaduan masyarakat tersebut dibahas tiap hari Jum’at pagi sampai menjelang sholat Jum’at,” terangnya.

Bagi OPD yang diketahui tidak menindak lanjuti pengaduan masyarakat, Bupati Bojonegoro akan menyuruh berdiri kepala OPD tersebut untuk menjelaskannya sehingga pengaduan masyarakat yang belum ditindaklanjuti dapat segera diselesaikan.

Kabid Pengelolaan Informasi dan Komunikasi Publik Diskominfo Kabupaten Sidoarjo Evi Rupitasari menjelaskan bahwa diselenggarakan Rakor tersebut selain membahas pengintegrasian P3M dengan program LAPOR SP4N juga sebagai monitoring dan evaluasi pengaduan masyarakat.

Selain itu juga untuk mensinkronisasikan penanganan pengaduan masyarakat antara P3M dan operator di masing-masing OPD.

“Melalui kegiatan tersebut diharapkan penanganan pengaduan masyarakat dapat lebih optimal,” jelasnya. (imams/kominfo)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*