iklan

Pentas PAI Tingkat SD Tumbuhkan Semangat Anak-anak Cinta Agama

Wakil Bupati Sidoarjo H. Nur Ahmad Syaifuddin, SH melepas balon ke udara sebagai tanda dibukanya Pentas PAI tingkat SD se-Kabupaten Sidoarjo.

SIDOARJO (beritasidoarjo.com) Wakil Bupati Sidoarjo H. Nur Ahmad Syaifuddin, SH membuka acara Pekan Ketrampilan dan Seni Pendidikan Agama Islam (Pentas PAI) tingkat Sekolah Dasar (SD) di Pendopo Delta Wibawa, Kamis (19/10/2017).

Kepala Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Sidoarjo Ahmad Rofi`i mengatakan bahwa acara Pentas PAI tersebut kerjasama antara institusi yang dipimpinnya bersama Kelompok Kerja Guru (KKG) PAI Kabupaten Sidoarjo.

Dikatakan oleh Ahmad Rofi`i bahwa kegiatan ini meupakan kegiatan rutin tahunan dan diselenggarakan secara berjenjang, mulai dari tingkat kabupaten, provinsi hingga tingkat nasional.

“Kita juga patut berbangga, bahwasannya pada Pentas PAI tingkat Nasional di Aceh pada bulan Juli kemarin. Kabupaten Sidoarjo mewakili Provinsi Jawa Timur mengirim 12 peserta untuk berlomba di Pentas PAI Aceh,” katanya.

Diungkapkan oleh Ahmad Rofi’i bahwa pelaksanaan Pentas PAI tingkat SD di Kabupaten Sidoarjo sudah yang kedelapan kalinya dan dilaksanakan selama satu hari penuh.

Dimana tujuan dari dilaksanakannya kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kualitas mata pelajaran Agama Islam di tingkat SD.

“Meningkatkan ketaqwaan dan mempersiapkan generasi tangguh yang siap tantangan di era global ini,” ungkapnya.

Ketua Panitia Pentas PAI Nyoto Slamet, S.Pdi menjelaskan bahwa dalam Pentas PAI ini ada 8 lomba yang akan dilaksanakan, yakni lomba cerdas cermat yang diikuti oleh 3 regu dari 3 wilayah di Kabupaten Sidoarjo, lomba Pildacil yang diikuti oleh 8 peserta, MTQ, MTQ tartil.

MHQ, kaligrafi yang masing-masing diikuti oleh 18 peserta putri dan 18 putra, lomba adzan diikuti oleh 18 putra serta lomba banjari yang diikuti oleh 18 regu masing-masing regu 10 peserta.

“Jadi total peserta yang akan mengikuti Pentas PAI tingkat SD ini sejumlah 396 peserta,” jelasnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Sidoarjo H. Nur Ahmad Syaifuddin menuturkan bahwa kegiatan ini memberikan peluang besar dunia akhirat bagi para pendidik karena para pendidik sangat berperan penting dalam meletakkan dasar-dasar agama kepada anak-anak sebagai generasi penerus bangsa.

“Kegiatan ini juga mampu untuk menumbuhkan dan menyegarkan semangat anak-anak untuk cinta agama,” tutur pria yang akrab dipanggil Cak Nur itu.

Sebelum acara lomba Pentas Seni PAI tingkat SD itu dimulai, Cak Nur didampingi Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (P&K) Kabupaten Sidoarjo Mustain Baladan dan Kepala Kemenag Kabupaten Sidoarjo beserta anak-anak peserta lomba melepas balon ke udara sebagai tanda dibukanya kegiatan tersebut. (imams/kominfo)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*