iklan

Jumlah Pelaku Usaha Sidoarjo Diatas Negara Berkembang

SIDOARJO (beritasidoarjo.com) Data Badan Pusat Statistik (BPS) Sidoarjo menyebutkan bahwa ada 206.745 orang atau 9 persen dari jumlah penduduk di Kabupaten Sidoarjo yang berprofesi sebagai seorang wirausaha.

Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah, SH, M.Hum saat menerima ratusan mahasiswa Universitas Ciputra Surabaya di Pendopo Delta Wibawa.

Hal itu disampaikan oleh Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah, SH, M.Hum saat menerima ratusan mahasiswa Universitas Ciputra Surabaya di Pendopo Delta Wibawa yang melakukan pendampingan kepada 165 pelaku usaha mikro di Kabupaten Sidoarjo, Jum’at (27/10/2017).

Dikatakan oleh H. Saiful Ilah bahwa angka 9 persen melebihi jumlah ideal wirausaha di suatu negara, dimana di negara berkembang idealnya hanya 4 persen dari jumlah penduduknya.

“Itu menunjukkan perekonomian Sidoarjo cukup maju dan berkembang sehingga Kabupaten Sidoarjo disebut sebagai Kota UKM Indonesia,” katanya.

Kedepan Pemerintah Daerah (Pemda) kabupaten Sidoarjo akan terus berupaya untuk semakin memudahkan lingkungan bisnis dengan harapan para pelaku usaha mikro atau calon wirausaha baru dapat berkembang dan kondusif.

“Salah satunya dengan memberikan bantuan pelatihan keterampilan maupun manajemen usaha serta pemasaran,” ucapnya.

Selain itu Pemda Kabupaten Sidoarjo juga akan memberikan kemudahan akses permodalan atau pinjaman dana bergulir seperti yang selama ini disalurkan oleh Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Sidoarjo.

Ia menyambut baik kegiatan yang dilakukan Universitas Ciputra Surabaya di Kabupaten Sidoarjo karena banyak usaha mikro yang tersebar di 18 kecamatan sangat membutuhkan arahan dan bimbingan.

Untuk itu orang nomer satu di Kabupaten Sidoarjo berharap kedatangan para mahasiswa Universitas Ciputra Surabaya dapat memotivasi pelaku usaha mikro menjadi pengusaha mikro mandiri.

“Saya menyambut baik kegiatan pendampingan kepada usaha mikro seperti yang diselenggarakan oleh Universitas Ciputra Surabaya bersama-sama dengan Dinas Koperasi dan Usaha Mikro ini,” terangnya.

Sementara itu Wakil Rektor Universitas Ciputra Surabaya Viktor Efendi, SE, CMA berharap bahwa agar anak didiknya tidak menyia-nyiakan kesempatan ini karena bisa melihat langsung praktek Entrepreneurship di Kabupaten Sidoarjo.

“Kami berterima kasih karena para mahasiswa didik kami diberikan kesempatan untuk boleh berinteraksi dengan para pelaku bisnis di Kabupaten Sidoarjo,” ujarnya.

Ketua kegiatan pendampingan Sonata Christian, SE, MM mengungkapkan bahwa kegiatan tersebut diikuti ratusan mahasiswa International Businness Management yang akan melakukan kegiatan selama 2 hari, mulai tanggal 27-28 Oktober besok.

Para mahasiswa akan melakukan observasi UMKM sebidang dengan project business yang sedang dijalani dan akan merancang target eksekusi bidang pembelian bahan, pemasaran serta manajemen produksi.

“Pendampingan ini mulai dari aspek bahan baku, sarana, modal, tenaga kerja, pelatihan sampai pemasaran,” ungkapnya. (imams/kominfo)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*