Bupati Turun Ke Sungai Pelayaran Bersihkan Sampah

Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah, SH, M.Hum membersihkan sungai pelayaran dari tumpukan sampah.

TAMAN (beritasidoarjo.com) Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah, SH, M.Hum melakukan launching program Sekolah Sungai dan Sidoarjo Peduli Sungai di Kampus Universitas Ma’arif Hasil Latif (Umaha) Kecamatan Taman, Sabtu (11/11/2017).

Lebih dari 1600 peserta yang terdiri dari TNI, Polri, relawan dan masyarakat sekitar turut hadir untuk mengikuti apel yang kemudian dilanjutkan gerakan bersih-bersih sungai pelayaran di Desa Ngelom.

Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah mengatakan bahwa permasalahan yang terjadi akhir-akhir ini adalah menurunnya daya tampung sungai akibat dari sedimentasi lumpur atau banyaknya sampah yang menumpuk akibat dari pembuangan sampah ke sungai.

“Sidoarjo Peduli Sungai dan Sekolah Sungai adalah program yang dapat mengembalikan sungai kepada fungsinya,” katanya.

Untuk itu, ia menghimbau kepada masyarakat agar membuang sampah pada tempatnya dan membersihkan sungai dari tumpukan sampah dan lumpur agar bisa menampung debit air yang tinggi akibat hujan deras.

“Sehingga akan dapat mencegah terjadinya banjir,” ucapnya.

H. Saiful Ilah berharap agar setelah sungai pelayaran ini dibersihkan oleh para peserta apel dan semua masyarakat sekitar, masyarakat bisa ikut berperan aktif dalam menjaga dan mengelola kelestarian sungai dengan sikap peduli untuk tidak membuang sampah di sungai.

Ia juga berharap agar masyarakat bisa bekerja sama dengan pemerintah daerah yang tergabung dalam kader lingkungan serta para pihak swasta untuk melakukan kegiatan rutin sehingga mengurangi sampah dan lumpur yang menumpuk di sungai yang pada akhirnya dapat mencegah banjir secara dini.

Usai apel, Bupati Sidoarjo, Wakil Bupati Sidoarjo, Kapolresta Sidoarjo, Dandim 0816 Sidoarjo beserta Kepala OPD melakukan penandatanganan pada banner sebagai bentuk dukungan agar semua sungai bersih yang dilanjutkan dengan turun ke sungai untuk membersihkan sampah.

Sementara itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Sidoarjo Ir. Sigit Setyawan, MT menjelaskan bahwa acara roadshow ini akan dilakukan di tujuh sungai pada tujuh kecamatan lain di Kabupaten Sidoarjo untuk dibersihkan secara bergotong-royong.

“Kami juga akan memasang jaring sungai diperbatasan desa sehingga desa bisa bertanggung jawab atas sampahnya masing-masing,” jelasnya. (imams/kominfo)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*