Puluhan Rumah Warga Desa Kesambi Porak-Poranda Diterjang Puting Beliung

Salah satu rumah warga Desa Kesambi yang atapnya porak-poranda akibat diterjang angin puting beliung.

PORONG (beritasidoarjo.com) Hujan deras yang disertai angin puting beliung menerjang rumah warga yang berada di Dusun Simomulyo RT 15 dan Dusun Simorejo RT 16 RW 04, Desa Kesambi-Kecamatan Porong, Senin (11/12/2017).

Sumarlik (56 tahun) warga Dusun Simorejo mengatakan bahwa angin puting beliung yang memporak-porandakan rumah warga itu terjadi sekitar pukul 14.00 WIB dan membuat warga panik serta berhamburan keluar rumah.

“Semuanya pada berhamburan keluar rumah, mereka pada takut,” katanya.

Diungkapkan oleh Sumarlik bahwa sebelum angin puting beliung itu menerpa rumah warga dan pepohonan disekitarnya, terlebih dulu hujan rintik-rintik yang disertai dengan angin berwarna putih dari arah barat.

“Anginnya berbentuk seperti body orang dengan suara mendesis yang sangat keras. Rumah-rumah yang dilewati atapnya pada hancur,” ungkapnya.

Sementara itu, Kades Kesambi H. Misbachul Anwar, SH menjelaskan bahwa akibat puting beliung tersebut ada sekitar 10 rumah warga yang mengalami kerusakan dibagian atapnya.

“Tiga rumah di Dusun Simomulyo dan tujuh rumah di Dusun Simorejo,” jelasnya.

Belum bisa dipastikan kerugian materiil akibat kejadian tersebut, namun warga segera bergotong royong membersihkan lingkungan dari pohon-pohon yang tumbang akibat diterjang angin puting beliung.

Dituturkan oleh H. Misbachul Anwar bahwa setelah kejadian tersebut Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sidoarjo melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) turun ke lokasi untuk melakukan pendataan.

“Kami berharap agar segera ada perhatian dan bantuan dari Pemkab Sidoarjo terkait bencana puting beliung yang menimpa warga,” ucapnya.

Berdasarkan data sementara dari Pemerintah Desa (Pemdes) Kesambi bahwa 3 rumah yang mengalami kerusakan di Dusun Simumulyo, yaitu milik Sunamat, Rokhman Hidayat dan Akuwan.

Sedangkan 7 rumah warga di Dusun Simorejo yang mengalami kerusakan, yaitu milik Irwan Supriadi, Sunarno, Supeno, Ngadimo, Suyanto, Risma dan Hendrik. (imams)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*