Kejurprov Pencak Silat Piala Gubernur Jatim Dengan Jumlah Peserta Terbanyak

Cak Nur membuka Kejurprov Pencak Silat Piala Gubernur Jatim II tahun 2017 di GOR Serbaguna Sidoarjo.

SIDOARJO (beritasidoarjo.com) Wakil Bupati Sidoarjo H. Nur Ahmad Syaifuddin, membuka secara resmi Kejuaraan Provinsi (Kejurprov) Pencak Silat Piala Gubernur Jawa Timur (Jatim) II tahun 2017 di GOR Serbaguna Sidoarjo, Senin (4/12/2017).

Kegiatan yang akan diselenggarakan pada tanggal 4-9 Desember 2017 dengan mengambil tema “Pencak Silat Jawa Timur merajut emas PON menuju prestasi dunia” itu diikuti oleh 756 pesilat dari perwakilan 38 Kabupaten/Kota se-Jatim.

Wakil Bupati Sidoarjo H. Nur Ahmad Syaifuddin mengatakan bahwa Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sidoarjo menyambut baik Kejurprov Pencak Silat Piala Gubernur Jatim II tahun 2017 diselenggarakan di Kabupaten Sidoarjo.

Pria yang akrab dipanggil Cak Nur itu merasa bersyukur dengan animo para pesilat yang hadir dan berharap kegiatan ini menjadi wahana mencari prestasi yang terbaik sekaligus menjaring bibit pencak silat potensial di Jatim menuju prestasi tingkat nasional hingga tingkat dunia.

“Kita harus bisa mengukir prestasi tertinggi terutama ditingkat internasional. Selayaknya prestasi ini harus diraih oleh indonesia, karena pencak silat adalah seni budaya asli Indonesia,” katanya.

Cak Nur mengaku bahwa dirinya sangat dekat dengan pencak silat karena ia juga dibesarkan oleh pencak silat, maka ia merasa yakin kalau seluruh peserta yang hadir adalah pemuda yang mempunyai karakter berbeda-beda.

Pencak silat akan sekaligus mendidik karakter sebagai pemuda Indonesia yang berkualitas, mempunyai karakter kepribadian yang kuat dan tangguh sebagai generasi muda.

“Serta sebagai kader bangsa yang akan siap menerima estafet kepemimpinan yang akan datang,” ucapnya.

Sementara itu, Ketua Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Kabupaten Sidoarjo Dr. Bahrul Amig, S.Sos, MM mengungkapkan bahwa jumlah peserta pesilat yang terdaftar kali ini adalah rekor pesilat terbanyak yang mengikuti kejuaraan di tingkat provinsi, dimana setiap Kabupaten/Kota atau kontingen mengirimkan 35 pesilat putra dan putri.

“Kejuaraan kali ini mempertandingkan dua golongan, yaitu remaja dan dewasa,” ungkapnya.

Tiap kontingen mengirimkan 4 pesilat remaja putra dan 4 pesilat remaja putri, selain itu juga 15 pesilat dewasa putra dan 12 pesilat dewasa putri. (imams)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*