Menaker Buka Liga Pekerja Indonesia Di Stadion Gelora Delta Sidoarjo

SIDOARJO (beritasidoarjo.com) Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) M. Hanif Dhakiri melakukan kick off pembukaan Liga Pekerja Indonesia (LPI) di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Minggu (17/12/2017).

Menaker RI M. Hanif Dhakiri membuka Liga Pekerja Indonesia di Stadion Gelora Delta Sidoarjo.

Selain Menaker M. Hanif Dhakiri, tampak hadir Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) H. Imam Nahrawi, inisiator LPI Muhaimin Iskandar, Bupati H. Saiful Ilah dan Wakil Bupati Sidoarjo H. Nur Ahmad Syaifuddin.

Menaker M. Hanif mengatakan bahwa LPI diharapkan dapat menjadi inspirasi model pelaksanaan perayaan Hari Buruh Internasional (May Day) bagi pekerja dan masyarakat Indonesia lewat ajang sepak bola.

Lewat LPI diharapkan dapat meningkatan produktivitas kerja dengan pola hidup sehat melalui olah raga.

“LPI ini juga bertujuan memperkuat iklim kondusif di lingkungan perusahaan dan melahirkan atlet sepakbola potensial dari kalangan pekerja atau buruh,” katanya.

Diungkapkan oleh Hanif Dhakiri bahwa LPI  merupakan momentum tepat menyambut May Day tahun 2018 dengan menjadikannya sebagai hari menyenangkan bagi semua unsur, baik Serikat Pekerja/Serikat Buruh (SP/SB), pengusaha dan pemerintah dapat menikmati suasana yang penuh kegembiraan, damai dan positif.

“Sehingga May Day dapat dimanfaatkan dengan baik dan dijadikan momen kebersamaan bagi para pekerja/buruh,” ungkapnya.

Untuk itu ia berharap bahwa dengan adanya LPI secara continue dapat berdampak pada perubahan image peringatan May Day di Indonesia melalui berbagai kegiatan yang lebih positif.

LPI diharapkan dapat memberikan hiburan bagi masyarakat, khususnya bagi pekerja/buruh dan mampu menggerakan ekonomi rakyat serta dapat meningkatkan prestasi sepakbola Indonesia.

“Pemerintah melalui Kementerian Ketenagakerjaan juga mendukung semua kegiatan positif untuk merayakan May Day baik Pra-May Day maupun Post-May Day di seluruh daerah,” ucapnya.

Dijelaskan oleh Hanif Dhakiri bahwa penyelengaraan LPI merupakan kelanjutan dari Liga Sepakbola Karyawan (Galakarya) yang populer pada tahun 1970.

Melalui Galakarya saat itu banyak melahirkan talenta sepakbola sebagai kekuatan Timnas sepakbola Indonesia.

Kini di penghujung tahun 2017 atas prakarsa Kemenaker yang bekerjasama dengan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) dan Asosiasi Pengusaha (APINDO), kembali membudayakan sepakbola antar pekerja/buruh melalui kompetisi bernama LPI.

Kegiatan LPI ini di inisiasi oleh Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi periode tahun 2009-2014 Muhaimin Iskandar.

Kegiatan secara nasional yang mampu menciptakan dan dapat menggairahkan olahraga yang bisa merekatkan hubungan industrial tersebut akhirnya bisa direalisasikan oleh Menaker periode 2014-2019.

“LPI akan digelar di tiap provinsi, diikuti maksimal 16 tim,” ujarnya.

Selanjutnya tim juara akan berlaga di delapan zona regional, tim juara dari zona regional akan bertanding di babak delapan besar nasional yang selanjutnya ke babak semi final dan babak final di Jakarta.

Dimana partai final akan digelar bertepatan dengan peringatan Hari Buruh Internasional  pada tanggal 01 Mei 2018 nanti.

Juara LPI  memperebutkan piala bergilir Presiden RI dan berhak mengantongi uang pembinaan serta akan diberikan penghargaan kepada pemain dengan kategori Top Scorer, Best Player dan Best Goalkeeper.

Dalam pembukaan LPI di Stadion Gelora Delta Sidoarjo tersebut diawali dengan pertandingan kesebelasan BPJS Ketenagakerjaan melawan Pelindo III. (imams/kominfo)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*