Kartarcam Jabon Siaga 24 Jam Bantu Warga Korban Banjir

Bahu-membahu : Kartarcam Jabon bantu warga yang terkena bencana banjir diwilayah Kecamatan Jabon.

JABON (beritasidoarjo.com) Hampir setiap ada bencana diwiliyah Kabupaten Sidoarjo, maka karang Taruna (Kartar) akan selalu ada untuk memberikan bantuan kepada warga, baik berupa sembako ataupun tenaga.

Diakhir tahun 2017 ini saja ketika ada bencana angin puting beliung diwilayah Kecamatan Waru, banjir diwilayah Kecamatan Porong dan banjir diwilayah Kecamatan Jabon, Kartar selalu menerjunkan personilnya untuk memberikan bantuan kepada warga.

Sebagaimana yang terjadi diwilayah Keacamatan Jabon, Kartar Kecamatan (Kartarcam) Jabon telah bersiaga 24 jam sehari dan menerjunkan lebih dari 80 personil untuk membantu warga di lima desa yang terdampak bencana banjir.

“Setiap hari kita terjunkan 80 kader yang tersebar di lima desa untuk membantu para korban bencana banjir,” kata Mashudi, Amd.kep Ketua Kartarcam Jabon.

Dikatakan oleh Mashudi bahwa lebih dari seminggu ini Kartarcam Jabon bersama Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sidoarjo dan instansi terkait lainnya bahu membahu untuk membantu korban bencana banjir.

Baik dari segi pelayanan kesehatan, mengantarkan sembako dari rumah kerumah bahkan sampai pembuatan toilet/WC darurat pun dilakukan oleh kader Kartarcam Jabon.

“Ini kita lagi merencanakan pemasangan WC darurat untuk warga, rencananya ada 8 titik di empat desa,” katanya.

Sementara itu, Imam Safi’i Ketua Kartar Kabupaten (Kartarkab) Sidoarjo mengungkapkan bahwa sudah menjadi tanggung jawab dari setiap kader Kartar untuk ikut serta membantu apabila ada warga yang sedang mengalami bencana.

“Karena Kartar adalah sebuah organisasi sosial, maka ketika ada bencana sudah seyogyanya kita turun untuk membantu,” ungkapnya.

Namun demikian pihaknya tetap akan melakukan koordinasi dan bekerjasama dengan pihak-pihak terkait dalam setiap kegiatan-kegiatan yang bersifat sosial sehingga dilapangan tidak akan sampai terjadi hal-hal yang tidak diinginkan bersama.

Dijelaskan oleh Imam Safi’i bahwa selama ini Kartar berbuat dengan didasari niat tulus dan ikhlas untuk membantu saudara-saudaranya yang sedang tertimpa bencana.

“Tentu, kegiatan teman-teman selama ini selalu kita apresiasi. Karena mereka tidak pernah digaji dan kita tahu bahwa mereka berbuat pun tanpa pamrih,” jelasnya.

Untuk itu, ia mengingatkan agar kader-kader Kartar yang dalam menjalankan misi sosialnya untuk selalu berhati-hati dan saling menjaga serta saling mengingatkan antar kader yang satu dengan kader yang lainnya. (pram)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*