Punya Kendaraan Bermotor? Bayar Pajak OnLine Saja..!

Penulis : Irine Devega Amalia Fitri (Mahasiswa Ilmu Administrasi Publik/Universitas Muhammadiyah Sidoarjo)

Pajak merupakan iuran rakyat kepada kas negara, kontribusi wajib kepada negara yang terutang oleh orang pribadi atau badan yang bersifat memaksa berdasarkan undang- undang, dengan tidak mendapatkan imbalan secara langsung dan digunakan untuk keperluan negara bagi sebesar-besarnya kemakmuran rakyat.

Dari berbagai jenis pajak salah satunya adalah pajak kendaraan bermotor. Pajak kendaraan bermotor disebut juga sebagai PKB yaitu pajak atas kepemilikan dan atau penguasaan kendaraan bermotor.

PKB termasuk ke dalam pajak daerah, pajak daerah akan masuk pada keuangan daerah oleh karena itu pajak ini tidak masuk pada penerimaan negara di Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

Seiring berkembangnya kemajuan teknologi, Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset (DPPKA) Kabupaten Sidoarjo dan Samsat Sidoarjo dalam melayani para Wajib Pajak (WP) memanfaatkan teknologi online.

Kini para WP di Kabupaten Sidoarjo sudah bisa menikmati fasilitas pembayaran PKB melalui system online. Melalui operator system DPPKA Kabupaten Sidoarjo, bayar pajak online mampu mengakomodasi kebutuhan WP yang selama ini masih menjadi kendala.

Untuk mempermudah layanan dalam membayar PKB, pemerintah sudah berinovasi dengan layanan online yaitu E-Samsat. Masyarakat hanya menyiapkan KTP dan STNK, lalu mengaksesnya melalui E-Samsat.

Hanya dengan memasukan data nomor identitasnya dan STNK, kemudian akan muncul notice dan nominal untuk pembayaran pajak. Kecuali plat nomor yang memang sudah mati atau ganti baru, masyarakat langsung datang ke kantor Samsat.

Program E-Samsat ini dapat memudahkan transaksi pembayaran pajak sesuai tanggal berlaku, selain meminimalisir waktu juga tidak perlu susah-susah datang ke kantor Samsat.

Dalam sistem berbasis online ini, agar masyarakat mendapat kemudahan dalam melakukan transaksi baik pembayaran PKB, validasi, penomoran (plat nomor) maupun BPKB dengan system online yang terintegrasi dengan Polda Jatim. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*