Ingin Bangun Desa, Cak Rois Calonkan Diri Sebagai Kades Siwalanpanji

Cak Rois dengan diantarkan pendukungnya saat mendaftar sebagai Kades Siwalanpanji, Kecamatan Buduran.

BUDURAN (beritasidoarjo.com) Karena keprihatinannya melihat generasi muda diwilayah desanya kurang berkarya dan berdaya guna. Muhammad Nanang Ro’is, salah satu putra terbaik Desa Siwalanpanji, Kecamatan Buduran akhirnya ikut dalam perhelatan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) yang akan dilaksanakan pada 25 Maret 2017 mendatang.

Muhammad Nanang Ro’is mengatakan bahwa ia mendaftar sebagai Bakal Calon Kades Siwalanpanji didasari keinginannya membangun desa lebih berdaya guna melalui para pemudanya.

“Kita akan mengupayakan bagaiamana desa ini bisa mandiri, berdaya guna. Baik itu dari SDM nya maupun SDA nya, semua potensi yang ada akan kita upayakan, kita optimalkan agar hasilnya bisa kembali kepada masyarakat,” kata Nanang Rois usai mendaftar di Balai Desa Siwalanpanji, Minggu (31/12/2017).

Selain itu, bila ada kebijakan dari pemerintah pusat, propinsi maupun kapubaten sendiri yang diperuntukan bagi masyarakat akan benar-benar disalurakan kepada yang berhak.

Kebetulan pria yang akrab dipanggil Cak Rois itu sudah berkiprah dalam KIM (Kelompok Informasi Masyarakat) Kabupaten Sidoarjo, bahkan sampai jadi Ketua Forum KIM Jawa Timur.

“Jadi sedikit banyak tahulah soal-soal program-program pemerintah yang dalam penyalurannya kurang pada sasaran. Makanya kalau saya dipercaya masyarakat untuk mengemban amanah desa ini, tentu saja akan lebih mudah untuk menyalurkan secara transparan, ” kata Cak Ro’is.

Begitu juga dalam bidang pengembangan UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) atau layanan masyarakat, semuanya akan diprogramkan secara transparansi melalui IT, karena jamannya sekarang sudah era keterbukaan.

“Kebetulan bidang saya adalah IT, maka nantinya akan kita buatkan aplikasi yang bisa dibuka melalui HP. Sehingga masyarakat nanti bila membutuhkan informasi tinggal ‘klik’ melalui HP masing-masing,” jelas Cak Ro’is yang program blognya meraih juara II se Jawa Timur dan KIM yang dibawanya juga meraih juara I Tingkat Bakorwil.

Dwi Fajar, salah satu pemuda Desa Siwalanpanji mengungkapkan bahwa Cak Ro’is akan memberdayakan para pemuda Desa Siwalanpanji dengan baiik, jika nanti terpilih sebagai Kades Siwalanpanji karena hanya Cak Rois yang program-programnya sangat jelas bagi pembangunan desa.

“Saya yakin nanti kegiatan-kegiatan kepemudaan pasti akan meningkat, termasuk ekonomi kepemudaan, olahraga, sosial, pendidikan dan lainnya,” ungkapnya.

Fajar mengaku telah mengetahui Cak Ro’is sudah malang melintang dalam gerakan kepemudaan, misalnya di Kartar (Karang Taruna) saja mulai dari RT terus meningkat desa, dan sekarang sudah pengurus tingkat kabupaten.

“Jadi program kerjanya betul-betul mendasar sekali dan yang lebih penting lagi programnya lebih memasyarakat,” ucapnya.

Sementara itu, Ketua Kartar Kabupaten (Kartarkab) Sidoarjo Imam Safi’i sangat mendukung atas majunya Cak Rois dalam perhelatan Pilkades Siwalanpanji karena yang bersangkutan merupakan salah satu kader terbaik yang dimilikinya.

“Sudah sepantasnya dan sudah waktunya, Cak Ro’is ini membangun dan membesarkan desa,” tuturnya.

Karena selama ini sudah berkiprah di tingkat kabupaten bahkan Jawa Timur, makanya sudah waktunya kalau ilmu dan pengalaman itu diterapkan di desa kelahirannya.

“Jadi saya sangat mendukung sekali dan saya yakin Cak Ro’is ini sudah mumpuni memimpin Desa Siwalanpanji,” pungkas Imam Safi’i yang ikut mengawal pendaftaran tadi pagi. (pram)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*