Dua Remaja Nyaris Dihakimi Warga Setelah Kepergok Curi Lovebird

Tersangka Abdul Muid saat digelandang ke Polsek Tulangan.

TULANGAN (beritasidoarjo.com) Abdul Muid (20 tahun) warga Desa Keper RT 01 RW 01, Kecamatan Krembung dan UR (17 tahun) warga Desa Kedungsolo RT 01 RW 01, Kecamatan Porong terpaksa harus meringkuk di sel tahanan Polsek Tulangan, Minggu (7/1/2018).

Kedua tersangka digelandang ke Polsek Tulangan setelah kepergok mencuri burung lovebird milik Eko Nur Rochmat (29 tahun) warga Desa Kedondong RT 01 RW 01, Kecamatan Tulangan pada Jumat (5/1/2018) lalu.

Kapolsek Tulangan AKP Nadzir Syah Basri melalui Kanit Reskrim Ipda Sudarso, SH mengatakan bahwa aksi pencurian burung lovebird yang dilakukan kedua tersangka terjadi sekitar pukul 03.00 WIB dini hari.

Sebelum menjalankan aksinya, kedua tersangka berputar-putar sambil mengendarai sepeda motor bebek Honda Beat Nopol W 3588 NI di kawasan Desa Kedondong untuk mencari sasaran.

“Setelah tiba dilokasi tempat kejadian perkara (TKP,red), dua pelaku ini berhenti didepan rumah korban,” katanya.

Setelah dirasa keadaan aman, tersangka Abdul Muid turun dari boncengan sepeda motor berjalan ke teras rumah korban untuk mengambil dan UR menunggu diatas jok sepeda motor sambil mengawasi keadaan.

Namun naas aksi kedua tersangka dipergoki langsung oleh korban yang baru pulang dari tempatnya dan seketika meneriakinya maling sehingga warga yang mendengar teriakan korban berhasil menangkap keduanya.

“Kedua pelaku yang merasa ketakutan hendak kabur, namun keburu massa datang dan berhasil ditangkap,” ucapnya.

Untung saja ada anggota Polsek Tulangan yang tidak jauh dari TKP segera tiba di lokasi kejadian sehingga tidak terjadi amuk massa dan langsung mengamankan kedua tersangka.

Kedua tersangka beserta barang bukti 1 buah sangkar dan 1 unit sepeda motor dibawa ke Polsek Tulangan untuk menjalani proses hukum lebih lanjut.

“Karena tersangka UR masih dibawah umur, maka menjalani proses hukumnya di Bappas Medaeng,” ujarnya.

Akibat perbuatannya, kedua tersangka akan dijerat dengan pasal 363 KUHP ayat 1 ke 3e KUHP tentanng tindak pidana pencurian yang ancaman hukumannya 5 tahun penjara. (imams)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*