Polresta Sidoarjo Amankan Jutaan Pil PPC Dari Rumah Kontrakan

Jutaan pil PCC diamankan oleh anggota Polresta Sidoarjo dari rumah kontrakan di Desa Sawocangkring.

WONOAYU (beritasidoarjo.com) Anggota Satuan (Sat) Narkoba Kepolisian Resor Kota (Polresta) Sidoarjo berhasil menyita jutaan pil yang diduga mengandung Paracetamol, Caffein dan Carisoprodol (PCC) di Desa Sawocangkring, Kecamatan Wonoayu.

Kapolresta Sidoarjo, Kombespol Himawan Bayu Aji mengatakan bahwa jutaan pil haram tersebut disita dari sebuah rumah kontrakan yang dihuni oleh seseorang berinisial “IM”, Rabu (17/1/2018).

“Jumlah pil yang berhasil disita itu tepatnya berjumlah 5.355.000 butir yang disimpan dalam berbagai kemasan botol,” katanya.

Diungkapkan oleh Kombespol Himawan Bayu Aji bahwa selain menyita jutaan pil haram tersebut, pihaknya juga berhasil menyita beberapa peralatan lain, diantaranya oven, kardus kemasan, alumunium foil, alat perekat dan beberapa alat produksi lainnya.

Ia menduga bahwa rumah kontrakan di Desa Sawocangkring tersebut hanya digunakan sebagai tempat pengemasan barang haram itu dan diduga juga adanya keterlibatan dengan jaringan kasus pil PCC yang berhasil digerebek oleh Polrestabes Surabaya beberapa waktu yang lalu.

“Kami masih terus mengembangkan jaringan pembuatan pil ini. Apakah ada kaitannya dengan produksi pil PCC yang berhasil digerebek oleh Polrestabes Surabaya beberapa waktu yang lalu,” ungkapnya.

Dijelaskan oleh Himawan Bayu Aji bahwa saat ini pihaknya telah memeriksa secara intensif satu orang yang berinisial IM untuk pengembangan pengungkapan kasus barang haram tersebut.

“Kami akan terus mengembangkan kasus ini, supaya terungkap jaringan-jaringan yang terlibat di dalamnya,” jelasnya.

Orang-orang yang sengaja membuat dan mengedarkan pil PCC tersebut, akan dijerat dengan pasal 196 dan pasal 197 undang-undang kesehatan 36 tahun 2006 yang ancaman hukumannya 10 tahun penjara. (imams)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*