Kelompok IV KKN UNUSIDA Gelar Training of Leadership

Kegiatan training of leadership kelompok IV KKN UNUSIDA di Balai Desa Kepunten.

TULANGAN (beritasidoarjo.com) Kelompok IV Kuliah Kerja Nyata (KKN) mahasiswa Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo (UNUSIDA) menggelar training of leadership bagi pemuda di Balai Desa Kepunten, Kecamatan Tulangan, Minggu (28/1/2018).

Ketua Kelompok IV KKN UNUSIDA Muh. Zakaria Dimas Pratama mengatakan bahwa maksud dan tujuan diadakannya kegiatan ini untuk merealisasikan amanah pada tema KKN tahun kali ini, yakni BERDAYA (Berkhidmah dan Berkarya).

“Dimana kita mampu untuk menciptakan gerakan-gerakan memakmurkan Masjid, melakukan pengabdian dalam menciptakan karya agar bermanfaat bagi warga sekitar,” katanya.

Diungkapkan Dimas bahwa adanya kegiatan training of leadership ini adalah program prioritas untuk mendorong para pemuda agar mampu bersinergi dengan elemen masyarakat manapun yang ada di Desa Kepunten.

“Selain itu untuk mengisi kapasitas diri dalam optimalisasi pengembangan desa elalui peran pemuda,” ungkapnya.

Ia juga menyampaikan bahwa kegiatan training of leadership ini akan menghadirkan beberapa narasumber, diantaranya H. Sullamul Hadi Nurmawan Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sidoarjo, Serka Sutrisno dari Kodim 0816 Sidoarjo, Imam Safi’i Ketua Karang Taruna Kabupaten (Kartarkab) Sidoarjo serta Dr.  Listiyono Santoso, SS, M.Hum seorang penulis dan akademisi.

Dalam kesempatan itu Kepala Desa Kepunten Bambang Riyadi berharap agar para peserta KKN dari UNUSIDA mampu menghasilkan inovasi dan mampu beradaptasi pada masayarakat untuk pengembangan desa.

“Dan inilah sejatinya tugas pemuda,” ucapnya.

Imam Safi’i Ketua Kartarkab Sidoarjo menegaskan bahwa menjadi seorang pemuda harus mampu mengaktualisasikan dirinya dalam pembangunan maupun pengembangan di desanya masing-masing.

Ditegaskan oleh Imam Safi’i bahwa pemuda, terutama warga Karang Taruna harus mampu bersinergi dengan semua pihak, baik masyarakat maupun pemerintah dengan melakukan kegiatan yang bersifat inisiasi terencana serta penuh inovasi.

“Karena Karang Taruna bukan organisasi rea-reo yang hanya sekedar kumpul-kumpul saja. Namun Karang Taruna adalah organisasi penggerak harapan desa untuk mewujudkan masyarakat yang sejahtera,” tegasnya.

Sementara itu, Ketua DPRD Kabupaten Sidoarjo H. Sullamul Hadi Nurmawan berharap agar mahasiswa UNUSIDA yang sedang melakukan KKN bisa mengimplementasikan teori-teori yang selama ini didapat dibangku kuliah.

“Saya berharap peserta KKN mampu memberikan solusi dalam problem yang terjadi di tengah-tengah masyarakat,” harapnya.

Sehingga masyarakat Desa Kepunten bisa mendapatkan manfaat atas kehadiran mahasiswa UNUSIDA yang sedang melakukan KKN di desa tersebut. (her)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*