Verifikasi Faktual, KPU Sidoarjo Datangi Kantor Parpol

KPU Sidoarjo saat melakukan verifikasi faktual di Kantor DPC PKB Sidoarjo jalan raya Airlangga-Sidoarjo.

SIDOARJO (beritasidoarjo.com) Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sidoarjo mendatangi kantor partai-partai politik (Parpol) di wilayah Kabupaten Sidoarjo untuk melakukan verifikasi faktual, Selasa (30/1/2018).

Ada beberapa Parpol yang diverikasi, antara lain Dewan Pimpinan Cabang Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Sidoarjo, DPC Partai Demokrat (PD), DPC Partai Gerindra, DPC Partai Demokrasi Indonesia-Perjuangan (PDI-P), DPC Partai Hanura, DPC Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Golkar dan DPD Partai Amanat Nasional.

Muhammad Iskak, salah satu Komisioner KPU Sidoarjo mengatakan bahwa verifikasi faktual ini dilakukan terhadap kepengurusan Parpol, keanggotaan dan kuota 30 persen keterwakilan perempuan.

Dikatakan oleh Muhammad Iskak bahwa kepengurusan DPC PKB Sidoarjo yang berkantor di jalan raya Airlangga itu sudah memenuhi syarat dan lolos verifikasi faktual karena dari 62 orang pengurus yang hadir, 22 lainnya adalah perempuan.

“Ini sudah lebih. Sebab sebenarnya 21 sudah cukup,” katanya.

Ditegaskan oleh Muhammad Iskak bahwa kepengurusan DPC PKB Sidoarjo dianggap sudah memenuhi syarat karena pihaknya sudah bertemu dengan Ketua DPC PKB Sidoarjo Saiful Ilah, Sekretaris Abdillah Nasih dan Bendahara Sullamul Hadi Nurmawan.

DPC PKB Sidoarjo juga mampu menghadirkan 114 orang anggotanya dari 1.150 anggota, padahal hanya 56 anggota yang akan dilakukan verifikasi faktual.

“Mestinya 56 anggota yang diverifikasi dari jumlah anggota sekitar 1.150 orang. Namun yang hadir 114 orang,” tegasnya.

Selain ke Kantor DPC PKB Sidoarjo, tim verifikasi faktual lainnya dari KPU Sidoarjo yang dipimpin oleh Abdillah Adi mendatangi Kantor DPD PD Sidoarjo di Perum Magersari.

“Alhamdulillah Partai Demokrat dinyatakan memenuhi syarat,” ucap Juanasari Ketua DPD PD Sidoarjo.

DPD PD Sidoarjo juga dinyatakan memenuhi syarat kuota 30 persen keterwakilan perempuan yang mampu menghadirkan 25 pengurus perempuan dari 77 pengurusnya. (imams)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*