Truk Pengangkut BBG Meledak, SPBU Di Waru Hangus Terbakar

Api membakar SPBU 54.612-62 Dispenser 5 di jalan Berbek Industri III No. 2, Kecamatan Waru.

WARU (beritasidoarjo.com) Sekitar pukul 07.58 WIB telah terjadi ledakan dan kebakaran Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) 54.612-62 Dispenser 5 di jalan Berbek Industri III No. 2, Kecamatan Waru, Kamis (8/3/2018).

Teguh Rudi Siswanto Corporate Secretary PT. SIER mengatakan bahwa kebakaran terjadi akibat ledakan dari truk pengangkut Bahan Bakar Gas (BBG) tabung 70 kg yang sedang melakukan pengisian Bahan Bakar Minyak (BBM) berjenis solar di SPBU tersebut.

“Tiba-tiba saja terjadi ledakan sebanyak empat kali dari tabung BBG diatas truk,” katanya.

Dijelaskan oleh Teguh Rudi Siswanto bahwa akibat dari ledakan truk yang mengangkut sekitar 20-30 tabung BBG itu menyebabkan SPBU 54.612-62 Dispenser 5 dan 1 kendaraan truk pengangkut botol minuman mineral dengan Nomor Polisi (Nopol) L 9757 NJ ikut terbakar.

“Serta satu unit mobil wagon tertimpa reruntuhan plafon SPBU yang terbakar,” jelasnya.

Kebakaran baru bisa dipadamkan setelah 8 unit kendaraan Pemadam Kebakaran (Damkar) dari Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sidoarjo tiba di lokasi terjadinya kebakaran.

Ia juga mengungkapkan bahwa akibat dari terjadinya ledakan dan kebakaran di SPBU itu menyebabkan 1 orang meninggal dunia yang diduga sebagai “kenek” truk pengangkut BBG yang tidak sempat melarikan diri.

“Sedangkan tiga orang lainnya mengalami luka bakar dan dilarikan ke Rumah Sakit (RS) Royal Surabaya,” ungkapnya.

Empat orang yang mengalami luka bakar itu, diantaranya sopir truk pengangkut BBG, sopir truk pengangkut air mineral dan 1 orang operator SPBU yang saat itu sedang melayani pengisian BBM truk yang meledak itu. (imams)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*