Cak Nur Terima Tim Kirab IVCA 2018

SIDOARJO (beritasidoarjo.com) Untuk pertama kalinya Kongres International Veteran Cycling Association (IVCA) di gelar di Indonesia atau tepatnya di Denpasar-Bali tanggal 12-16 April 2018 nanti.

Kongres ke 37 IVCA itu diawali dengan rally assosiasi internasional pecinta sepeda tua dan kirab IVCA 2018 dengan bersepeda dari Anyer-Banten pada tanggal 24 Maret 2018 lalu.

Wakil Bupati Sidoarjo H. Nur Ahmad Syaifuddin SH menerima Tim Kirab IVCA 2018 di pendopo Delta Wibawa Sidoarjo.

Tim kirab IVCA yang berjumlah 28 orang dari berbagai  Komunitas Sepeda Tua Seluruh Indonesia (Kosti) tiba di Kabupaten Sidoarjo dan disambut oleh Wakil Bupati Sidoarjo H. Nur Ahmad Syaifuddin SH di pendopo Delta Wibawa Sidoarjo, Selasa (3/4/2018).

Wakil Bupati Sidoarjo H. Nur Ahmad Syaifuddin mengatakan bahwa kehadiran tim kirab diharapkan akan menjadi motivasi masyarakat Sidoarjo untuk lebih mencintai olah raga bersepada dan menjadi pola hidup yang modern untuk hidup sehat.

Dikatakan oleh pria yang akrab dipanggil Cak Nur itu bahwa olah raga bersepada masyarakat Sidoarjo cukup baik, hal itu dapat dilihat dari banyaknya masyarakat Sidoarjo yang memanfaatkan Car Free Day dengan bersepada.

“Mudah-mudahan ini nantinya menjadi virus yang baik bagi masyarakat untuk menjadikan pola hidup yang sehat, hemat dan akan berdampak baik bagi lingkungan kita,” katanya.

Cak Nur berharap rombongan IVCA dapat menikmati suasana Kabupaten Sidoarjo karena ada banyak tempat wisata yang dapat dikunjungi, diantaranya Museum Mpu Tantular, Lumpur Lapindo serta obyek wisata Candi Pari dan pusat kerajinan tas dan koper Intako Tanggulangin.

Untuk itu Cak Nur memerintahkan Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Sidoarjo untuk mengantarkan tim kirab IVCA  mengunjungi tempat-tempat wisata tersebut.

“Mudah-mudahan rombongan bisa mengetahui Sidoarjo ini, bagaimana adat istiadatnya, potensinya dan dapat berbelanja di Tanggulangin yang banyak menjual kerajinan tas,” ujarnya.

Ketua Tim Goweser Kirab IVCA Andi Surandi mengungkapkan bahwa sudah lebih dari separuh perjalanan kirab yang dilakukannya, dimana dalam kesempatan ini tim kirab yang dipimpinnya diikuti oleh tim inti dan tim pendamping.

“Tim inti berjumlah 10 orang dan 15 orang tim pengiring,” ungkapnya.

Tim pengiring tersebut merupakan para onthelis/pecinta sepada onthel yang ikut disetiap perjalanan kirab, dimana tim kirab juga ditambah satu orang koordinator dan dua orang pengemudi yang membawa tropy  internasional IVCA 2018.

Siterangkan oleh Andi Surandi bahwa 10 orang tim inti berasal dari Kosti diberbagai daerah, diantaranya Medan, DKI Jakarta, Bandung, Cirebon, Bali serta dari Jawa Tengah dan dari Tuban-Jawa Timur.

“Tim inti ada 10 orang ditambah tim pengiring itu ada 15, malah lebih banyak tim pengiringnya. Ini dari jalan ngikut, dari jalan ngikut akhirnya sampai saat ini berjumlah 28 termasuk koordiantor dan driver,” terangnya.

Ia juga menjelaskan bahwa timnya akan menginap selama 2 hari di Kabupaten Sidoarjo untuk beristirahat dan akan melanjutkan perjalanan pada Kamis besok.

Pria asal DKI Jakarta tersebut memperkirakan timnya sampai di Bali tanggal 10-11 April 2018 yang menempuh jarak sekitar 1.500 km.

“Untuk disini (Sidoarjo,red) besok off sehari, Kamis pagi jalan dan bermalam di Genggong-Probolinggo,” jelasnya.

Dituturkan oleh Andi Surandi bahwa tidak ada persiapan khusus ikuti dalam kirab kali ini karena baginya bersepeda seperti ini sudah sering ia lakukan dan sudah 6 kali ia bersepeda dari Jakarta ke Bali dalam rangkaian kongres Kosti.

“Yang penting badan sehat, tekad kuat, sepedanya siap, gitu aja,” tuturnya.

Kedatangan tim kirab IVCA di pendopo Delta Wibawa didampingi oleh Ketua Kosti Jawa Timur, Ketua Kosti Sidoarjo, Mojokerto dan Pasuruan serta Ketua KONI Sidoarjo dan kepala Dinas Disporapar Kabupaten Sidoarjo.  (imams/kominfo)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*