Volume Kendaraan Meningkat, PT. Jasa Marga Lakukan Penambahan Lajur Tol Surabaya-Gempol

Penambahan lajur Tol Surabaya-Gempol yang berada di Sidoarjo.

SIDOARJO (beritasidoarjo.com) PT. Jasa Marga Cabang Surabaya-Gempol melakukan penambahan lajur Tol Surabaya-Gempol karena tingkat pertumbuhan kendaraan para pengguna jalan Tol Surabaya-Gempol tercatat cukup pesat.‎

Sumarji Petugas Tim Pembangunan PT. Jasa Marga Cabang Surabaya-Gempol Sumarji mengatakan bahwa penambahan lajur dilakukan pada kedua sisi bahu jalan Tol Surabaya-Gempol, Juma’at (13/4/2018) lalu.

“Sebelumnya hanya dua lajur, rencananya akan dibikin menjadi tiga lajur dengan penambahan lebar lajur juga,” katanya.

Masing-masing bahu jalan akan dilakukan pelebaran sekitar 3,85 meter untuk mememenuhi kebutuhan lebar lajur menjadi masing-masing 3,6 meter atau dalam arti ada perubahan garis marka jalan.‎

Djamal Abubakar Konsultan Perencana PT. Indec Internusa menjelaskan bahwa sesuai dengan rencana, penambahan tiga jalur dilakukan mulai dari Surabaya hingga Tol Baru Gempol.

Namun menurut Djamal Abubakar bahwa yang sudah selesai dalam pengerjaannya sampai saat ini adalah Surabaya hingga Waru saja, sedangkan untuk Waru hingga Sidoarjo masih dalam tahap pembangunan.

“Hingga sekarang PT. Jasa Maraga sudah melakukan penambahan mulai dari Surabaya sampai Waru, sedangkan dari Waru KM 16,875 hingga Sidoarjo KM 23,200 masih dalam pengerjaan,” jelasnya.

Ia belum bisa memastikan rampungnya pengerjaan sisa penambahan lajur dari Sidoarjo hingga menyambung ke Gempol Tol Baru, namun untuk Sidoarjo hingga Porong dijadwalkan selesai tahun depan.

“Untuk Waru hingga Sidoarjo akan segera rampung, namun untuk Sidoarjo hingga Porong sepanjang 10 kilometer dimungkinkan tahun depan,” ucapnya.

Seperti dikutip dari Jasamarga.com bahwa Tol Surabaya Gempol atau yang disebut Tol Surabaya Porong memiliki panjang 43 kilometer beroperasi sejak tahun 1986.

Namun setelah terjadi peristiwa luapan lumpur Lapindo, jalur Porong-Gempol terpotong sehingga Tol Surabaya Porong menjadi 37 kilometer dan dikelola oleh PT. Jasamarga Cabang Surabaya-Gempol. (imams)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*