Yuk Amah Penjual Bakso Keliling Sambil Menyanyi

Mas'amah, menangis terharu saat diwawancari oleh awak media.

PORONG (beritasidoarjo.com) Mas’amah adalah seorang penjual bakso keliling asal Desa Kedung Boto, Kecamatan Porong yang mendapatkan bantuan bedah warung dari Kamar Dagang Indonesia (Kadin) Sidoarjo dan insan pers Sidoarjo, Minggu (9/1/2012).

Mas’amah yang tinggal di Rt 5, Rw 2 itu berjualan bakso keliling sudah hampir tiga belas tahun.

Dia berjualan bakso berkeliling di wilayah Kecamatan Porong, dimulai dari pasar Porong hingga ke barat sampai ke Desa Waung.

“Pagi hari saya berjualan bakso di pasar Porong, agak siang saya bergeser dengan mengayuh rombong mengeililingi wilayah Porong untuk menjajahkan dagangan saya,” kata wanita yang biasa dipanggil Yuk Amah itu.

Rombong bakso terbuat dari kayu yang dikasih roda kayak sepeda ontel sehingga dirinya bisa menjajakan dagangannya keliling wilayah Porong dengan mengayuhnya.

Ada yang menarik dari Yuk Amah apabila dalam menjajahkan dagangannya dia selalu membawakan lagu atau menyayi untuk menarik para pembeli dan menghibur dirinya sendiri.

“Kalau sepi pembeli, saya selalu mendendangkan lagu untuk menarik perhatian mereka selain itu untuk menghibur diri sendiri. Melihat saya menyanyi banyak warga yang datang untuk membeli atau sekedar mendengarkan suara saya saja,” ucapnya.

Kadang-kadang dia merasa bersedih apabila hujan turun dengan deras pada malam hari karena harus kehujanan dalam menjajakan dagangannya, juga karena banyak warga tidak ada yang keluar rumah.

Kini wanita yang berusia 45 tahun itu tidak usah berkeliling lagi pada saat berjualan bakso karena Kadin dan insan pers Sidoarjo telah membuatkan sebuah warung di depan rumahnya yang bisa dipakai untuk berjualan. (imams)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*