Sukseskan Pilgub Jatim 2018, KPU Sidoarjo Sasar Pemilih Pemula

Para pemilih pemula sangat antusias mengikuti acara sosialisai dari KPU Sidoarjo.

BUDURAN (beritasidoarjo.com) Demi menyukseskan Pemilihan Umum Gubernur Jawa Timur (Pilgub Jatim) 2018 ini, Komisi Pemilhan Umum (KPU) Sidoarjo memberikan sosialisasi kepada para pemilih pemula di Hotel Edotel, jalan Jenggolo No. 1B-Sidoarjo, Jum’at (20/4/2018).

M. Zainal Abidin Ketua KPU Sidoarjo mengatakan bahwa sosialisasi untuk para pemilih pemula itu dilakukan selama 2 dua hari, yaitu mulai tanggal 19 hingga 20 April 2018 dengan jumlah peserta sebanyak 200 pelajar SMA/MA/SMK se-Kabupaten Sidoarjo.

“Masing-masing sekolah, kita undang 2 siswa untuk mewakili sekolahannya,” katanya.

Diungkapkan oleh Zainal Abidin bahwa dalam sosialisasi ini, para pelajar diterangkan tentang substansi Pemilu dan demokrasi yang berjalan di Indonesia sehingga diharapkan adanya kesadaran politik dari para pemilih pemula untuk aktif dalam proses penyelenggaraan.

Ia berharap dengan adanya kegiatan ini para pemilih pemula bisa menjadi pemilih aktif dalam penyelenggaraan Pemilu atau bisa membantu jadi penyelenggara Pemilu di level Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang berada di desa/kelurahannya masing-masing.

“Setidaknya mereka akan menjadi pemilih aktif dalam penyelenggaraan Pemilu atau mungkin bisa membantu menjadi penyelenggara Pemilu di level TPS,” ungkapnya.

Ia juga menjelaskan bahwa jumlah pemilih pemula atau mereka yang berusia 17 tahun diwilayah Kabupaten Sidoarjo sekitar 5 persen dari 1,3 juta jumlah pemilih di Pilgub Jatim 2018 ini.

Meskipun jumlahnya relatif kecil, namun sosialisasi kepada para pemilih pemula tetap gencar dilakukan sebagai upaya memberikan pendidikan politik kepada generasi penerus bangsa tersebut. (imams)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*