Lima Wanita Tangguh Raih Penghargaan Citra Kartini Tahun 2018

Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah, SH, M.Hum melakukan pemukulan gong sebagai tanda launching program Si Cantik di pendopo Delta Wibawa.

SIDOARJO (beritasidoarjo.com) Puncak peringatan Hari Kartini, Dinas Pemberdayaan Masyarakat  dan Desa, Pemberdayaan perempuan dan Perlindungan Anak, Keluarga Berencana (Dinas PMD, P3A, KB) Kabupaten Sidoarjo memberikan anugerah kepada para perempuan Sidoarjo yang tangguh dan juga sebagai penggerak ekonomi kreatif di Pendopo Delta Wibawa, Senin (23/4/2018).

Kepala Dinas PMD, P3A, KB, Drs. Ec. Ali Imron, MM mengatakan bahwa kegiatan ini rutin dilaksanakan setiap tahun sebagai salah satu wujud penghargaan terhadap perempuan yang turut berpartisipasi aktif dalam pembangunan bangsa.

“Pelaksanaan penganugerahan Citra Kartini tahun ini sedikit berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya,” katannya.

Dijelaskan oleh Ali Imron bahwa pada penyelenggaraan anugerah Citra Kartini tahun 2018 ini bersamaan dengan dilaksanakannya launching Sidoarjo Mencegah Angka Kematian Ibu dan Anak (Si Cantik) dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Sidoarjo.

Selain itu, ada penandatanganan kesepakatan bersama yang berisi tentang komitmen bersama dalam mendukung penurunan angka kematian ibu dan bayi serta pengukuhan pengurus Forum Percepatan Penurunan Angka Kematian Ibu dan Bayi (Penakib).

“Selain itu juga dilaksanakan Pengukuhan Forum Penakib,” jelasnya.

Penyelenggaraan penganugerahan Citra Kartini tahun 2018 ini bekerjasama dengan Dinkes, Disperinddag, Dinas Perpustakaan dan Arsip, TP PKK Kabupaten Sidoarjo dan Dekranasda Kabupaten Sidoarjo.

Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah, SH, M.Hum merasa bangga dengan para perempuan tangguh yang mendapatkan penghargaan sebagai penggerak ekonomi kreatif dan mampu untuk berprestasi setara dengan kaum laki-laki.

“Namun demikian, walaupun sudah mampu untuk berkarya. Perempuan tidak boleh melalaikan kodratnya sebagai perempuan,” ujarnya.

Dalam kegiatan itu ada lima perempuan yang terpilih untuk menerima Anugerah Citra Kartini Tahun 2018, diantaranya Lita Eka Mufidah dari Desa Penatarsewu-Kecamatan Tanggulangin dengan usaha olahan ikan, olahan petis, terasi udang, abon ikan dan olahan lainnya.

Selanjutnya Eva Sanjaya dari Kecamatan Taman dengan usaha rumah kreatif Eggen Art Galery bergerak dibidang pembuatan souvenir yang mampu memberdayakan ibu rumah tangga dilingkungan sekitarnya.

Hj. Rohmah dari Kecamatan Jabon sebagai Ketua TP PKK Desa Kupang yang juga sebagai Ketua Kelompok Pengolah dan Pemasar Samudera Hijau Putri dengan usahanya memanfaatkan hasil budidaya tambak, yaitu rumput laut gracilia yang diolah menjadi berbagai olahan seperti kerupuk, mie instan, stick, selai dan lain sebagainya.

Kemudian Winarti dari Desa Lebo-Kecamatan Sidoarjo berprofesi sebagai guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) yang mempunyai kepedulian terhadap anak jalanan melalui kegiatan cinta literasi yang berhasil melobi dan bekerjasama dengan berbagai pihak dalam membantu kaum dhuafa, difabel dan lainnya.

Dan yang terakhir Siti Chomsiah, Spd, MM, dari Kecamatan Sukodono yang aktif diberbagai organisasi, baik kedinasan maupun masyarakat, salah satunya sebagai Ketua P3EIL Flamboyan Desa Panjunan. (imams/kominfo)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*