Minggu Depan PKB Sidoarjo Buka Pendaftaran Bacaleg

Cak Nur (tengah,red) Ketua LPP DPC PKB Sidoarjo saat konferensi pers di Kantor DPC PKB Sidoarjo jalan Airlangga 1 Sidoarjo.

SIDOARJO (beritasidoarjo.com) Dewan Pimpinan Cabang Partai Kebangkitan Bangsa (DPC PKB) Sidoarjo dalam waktu dekat atau tepatnya hari Rabu (2/5/2018) akan membuka pendaftaran Bakal Calon Legislatif Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (Bacaleg DPRD) Kabupaten Sidoarjo periode 2019-2024.

Sebagai partai pemenang Pemilu 2014, DPC PKB Sidoarjo yang paling terakhir membuka pendaftaran Bacaleg DPRD Kabupaten Sidoarjo periode 2019-2024 bila dibandingkan dengan partai-partai lainnya.

Seakan-akan ingin menunjukkan kepada masyarakat Kabupaten Sidoarjo bahwa partai pimpinan H. Saiful Ilah itu tidak pernah kekurangan kader untuk maju dalam Pemilu Legislatif (Pileg) tahun 2019 nanti.

H. Nur Ahmad Syaifuddin Ketua Lembaga Pemenangan Pemilu (LPP) DPC PKB Sidoarjo dalam konferensi pers di Kantor DPC PKB Sidoarjo yang berada jalan Airlangga 1 Sidoarjo mengatakan bahwa pendaftaran Bacaleg ini terbuka untuk umum asalkan sesuai dengan syarat yang sudah ditentukan.

“Secara resmi pendaftaran Bacaleg dan penjaringan dibuka pada tanggal 2 hingga 18 Mei 2018. Intinya kita buka pendaftaran ini secara luas,” kata Nur Ahamad Syaifuddin, Rabu (25/4/2018).

Pria yang akrab dipanggil Cak Nur itu mengungkapkan bahwa sebagai partai terbuka, PKB memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada tiga unsur untuk mendaftar sebagai Bacaleg, yaitu kader PKB Sidoarjo, kader Nahdlatul Ulama (NU) dan unsur profesionalisme.

“Siapapun boleh mendaftar, termasuk perempuan potensial untuk memenuhi 30 persen kuota perempuan pada Bacaleg 2019,” ungkapnya.

Semua Bacaleg yang mendaftar harus mengikuti seluruh tahapan yang ditetapkan oleh LPP DPC PKB Sidoarjo, diantaranya seleksi administrasi, uji kompetensi, interview dan pemaparan makalah, psycho test, penugasan jaringan, uji public, dan Pakta Integritas.

Sementata itu, Sekretaris DPC PKB Sidoarjo Abdillah Nasih menjelaskan bahwa secara garis besar ada 21 syarat yang mesti dipenuhi oleh para pendaftar Bacaleg PKB nanti, diantaranya minimal berusia 21 tahun, berpendidikan minimal SMA/Sederajat, tidak pernah dipidana minimal 5 tahun penjara sesuai putusan pengadilan berkekuatan tetap.

“Serta beberapa persyaratan lainnya yang sudah ditetapkan LPP PKB Sidoarjo,” jelasnya. (imams)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*