Medsos Memudahkan Komunikasi dan Menyebarkan Informasi

Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah, SH, M.Hum dan Kapolresta Sidoarjo Kombespol Himawan Bayu Aji saat menghadiri Kopdargab VII ILS di Balai Desa Semambung, Kecamatan Wonoayu.

WONOAYU (beritasidoarjo.com) Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah, SH, M.Hum mengatakan bahwa di era internet saat ini perkembangan Media Sosial (Medsos) begitu pesat dan memicu timbulnya media-media baru yang dihasilkan dari proses digitalisasi.

Semua hal yang sifatnya manual menjadi otomatis dan hal yang rumit menjadi lebih ringkas yang semakin memudahkan pengguna. Hal tersebut dikatakannya saat menghadiri Kopdargab VII Info Lantas Sidoarjo (ILS) di Balai Desa Semambung, Kecamatan Wonoayu, Minggu (29/4/2018).

“Medsos saat ini menjadi kebutuhan dihampir seluruh elemen masyarakat. Baik lembaga, kelompok maupun personal memanfaatkan Medsos,” katanya.

Alasannya karena lebih memudahkan dalam melakukan komunikasi dan menyebarkan informasi dan salah satu media sosial yang banyak digunakan oleh masyarakat yakni facebook.

H. Saiful Ilah berharap agar masyarakat  bijak dalam menggunakan Medsos karena dalam penggunaannya telah diatur dalam Undang-Undang No. 19 Tahun 2016 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik.

Untuk itu, ia memberikan apresiasi yang tinggi terhadap kelompok ILS sebagai salah satu komunitas pengguna aktif facebook, ILS turut berpartisipasi aktif dalam mewujudkan Kabupaten Sidoarjo yang kondusif.

“Saya berharap kedepannya ILS dengan visinya yakni sebagai media penyebar informasi yang tajam dan akurat di wilayah Kabupaten Sidoarjo dan Gerbang Kertasusila semakin eksis,” ucapnya.

Orang nomor satu di Kabupaten Sidoarjo itu mengungkapkan bahwa keberadaan kelompok ILS secara tidak langsung membantu pihak kepolisian dalam mensosialisasikan peraturan lalu lintas dan penekanan angka kecelakaan.

Sedangkan pemerintah daerah terbantu informasi terkait kejadian bencana, informasi jalan rusak dan gejolak permasalahan yang ada di masyarakat.

“Semua informasi yang ada di ILS merupakan informasi yang aktual karena anggota dari kelompok ini tersebar di seluruh wilayah Kabupaten Sidoarjo,” ungkapnya.

Sementara itu, Kapolresta Sidoarjo Kombespol Himawan Bayu Aji meminta masyarakat untuk memanfaatkan Medsos dengan baik dan tidak disalahgunakan untuk berbuat kejahatan serta bijak dalam menggunakannya.

Dijelaskan oleh Kombespol Himawan bayu Aji bahwa perkembangan Teknologi Informasi saat ini tidak bisa dihindari, berita Hoax atau palsu akan selalu ada.

“Untuk itu masyarakat harus cerdas dalam memahaminya,” jelasnya.

Masyarakat dihimbau untuk tidak menyebarkan berita yang tidak benar sumbernya dan masyarakat diminta mensajikan berita yang bisa dipertanggung jawabkan. (imams/kominfo)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*