Safari Jum’at, H. Saiful Ilah Dapat Keluhan Masalah Sampah Warga Trompoasri

Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah, SH, M.Hum saat melakukan Safari Jum’at di Masjid Ar Riyadloh Desa Trompoasri, Kecamatan Jabon.

JABON (beritasidoarjo.com) Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah, SH, M.Hum bersama jajarang Oganisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Sidoarjo melakukan kegiatan Safari Jum’at di Masjid Ar Riyadloh Desa Trompoasri, Kecamatan Jabon, Jum’at (4/5/2018).

Safari Jum’at adalah kegiatan rutin yang dilakukan oleh Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah setiap minggunya untuk mendengar dan menyerap aspirasi dari masyarakat terkait segala permasalahan pembangunan maupun lainnya.

Karena dengan melakukan Safari Jum’at, H. Saiful Ilah bisa berkomunikasi langsung dengan masyarakat di setiap wilayah yang dikunjunginya.

Sutikno, salah satu tokoh masyarakat Desa Trompoasri mengeluhkan terkait permasalahan sampah ada di dekat Kali Mati dan persoalan jalan didesanya yang sempit, terutama akses jalan yang menuju ke Sekolah Dasar Negeri (SDN) Trompoasri.

“Warga yang tinggal didekat Kali Mati cukup terganggu dengan banyaknya warga yang membuang sampah di tempat tersebut,” katanya.

Diungkapkan oleh Sutikno bahwa bukan hanya warga Desa Trompoasri saja yang membuang sumpahnya di Kali Mati tersebut, namun warga Bangil-Pasuruan juga membuang sampah disana karena letaknya yang berdekatan dengan wilayah Kabupaten Pasuruan.

“Baunya sangat menganggu warga sekitar Kali Mati,” ungkapnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Kepala Desa (Kades) Trompoasri Samsul yang meminta kepada Bupati H. Saiful Ilah untuk menyediakan Tempat Pembuangan Sampah Terpadu (TPST) karena sampah-sampah warga selama ini dibuang di Kali Mati.

“Kami mengusulkan pada Pemkab Sidoarjo untuk membangun TPST di Desa Trompoasri agar warga tidak lagi membuang sampah di Kali Mati,” sampainya.

Mendengar permintaan warganya itu, H. Saiful Ilah merasa senang dan langsung mengiyakannya dengan memerintahkan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PU PR) Kabupaten Sidoarjo dan Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kabupaten Sidoarjo untuk segera membangun TPST di Desa Trompoasri.

“Saya minta Dinas PU PR dan DLHK melakukan koordinasi dengan Desa Trompoasri, sebab saat ini banyak warga sini yang membuang sampahnya di Kali Mati,” ucapnya.

Begitu juga dengan akses jalan menuju SDN Trompoasri, orang nomer satu di Kabupaten Sidoarjo itu memerintahkan Dinas PU PR untuk melakukan pelebaran dan pengaspalan jalan sampai batas maksimal median bahu jalan. (imams/kominfo)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*