Ketua Kartarkab Sidoarjo Kerja Bakti Bersama Warga Desa Balongtani

Imam Safi’i bersama warga Dusun Peganjuran membersihkan sampah dan rumput liar disepanjang jalan raya.

JABON (beritasidoarjo.com) Ketua Karang Taruna Kabupaten (Kartarkab) Sidoarjo Imam Safi’i bersama warga Dusun Peganjuran Desa Balongtani, Kecamatan Jabon melakukan kerja bakti atau bersih-bersih desa menjelang peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke 73 tahun 2018.

Imam Safi’i mengatakan bahwa keterlibatannya dalam kegiatan tersebut merupakan bentuk partisipasi dan tanggung jawab sebagai Warga Negara Indonesia (WNI) yang tinggal ditengah-tengah masyarakat, Minggu (5/8/2018).

“Ini adalah tanggung jawab setiap warga untuk berpartisipasi apabila didesanya sedang ada kegiatan, apalagi ini untuk peringatan HUT Kemerdekaan RI,” katanya.

Untuk itu, ia tidak merasa canggung ketika bahu-membahu bersama warga lainnya membersihkan sampah dan rumput liar yang tumbuh disepanjang jalan raya Desa Balongtani.

Sementara itu, Na’im Kepala Dusun (Kasun) Peganjuran menuturkan bahwa kegiatan bersih-bersih desa merupakan agenda rutin setiap tahun yang diselenggarakan menjelang peringatan HUT Kemerdekaan RI.

“Selain bersih-bersih desa, biasanya kita juga membuat kegiatan yang berupa lomba-lomba,” tuturnya.

Diungkapkan oleh Na’im bahwa setiap malam 17 Agustus atau pada tanggal 16 Agustus, warga menyelenggarakan istigosah di musholla-musholla untuk mendoakan dan mengenang jasa-jasa para pahlawan yang gugur dalam merebut kemerdekaan.

“Baru setelah itu, puncaknya kita adakan resepsi peringatan HUT Kemerdekaan RI,” ungkapnya. (pram)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*