Sidoarjo Siap 24 Jam Ditutup Doa Bersama Untuk Indonesia

SIDOARJO (beritasidoarjo.com) Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah, SH, M.Hum menutup pelaksanaan program Sidoarjo Siap 24 Jam tahap IV yang digagas Komando Distrik Militer (Kodim) 0816 Sidoarjo dengan Doa Bersama Untuk Indonesia di Markas Kodim (Makodim) 0816 Sidoarjo, Kamis (9/8/2018).

Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah, SH, M.Hum saat menutup pelaksanaan program Sidoarjo Siap 24 Jam tahap IV di Markas Kodim 0816 Sidoarjo.

Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah mengatakan bahwa kegiatan Sidoarjo 24 Jam adalah bentuk penyadaran masyarakat mengantisipasi munculnya kerawanan dan ancaman terhadap disintegrasi bangsa.

“Menjaga keamanan lingkungan dan keutuhan bangsa merupakan tanggung jawab bersama.” katanya.

Kesadaran tugas tersebut hendaknya tidak tumbuh karena adanya kegiatan Sidoarjo Siap 24 Jam saja, namun harus muncul dari diri sendiri.

Diungkapkan oleh H. Saiful Ilah bahwa kegiatan Sidoarjo Siap 24 Jam telah mampu menciptakan kewaspadaan yang tinggi dan sangat perlu bagi masyarakat Sidoarjo, karena seluruh komponen masyarakat mampu menghadang gerakan suatu kelompok yang bertujuan memecah belah bangsa dan menjatuhkan pemerintahan yang sah.

Untuk itu, orang nomer satu di Kabupaten Sidoarjo itu berpesan kepada masyarakat Sidoarjo agar ada tindak lanjut dari program Sidoarjo Siap 24 Jam ini.

“Karena program Sidoarjo Siap 24 Jam ini merupakan langkah kongkrit masyarakat dalam berpartisipasi untuk menjaga keamanan dan ketentraman lingkungan guna menciptakan Kabupaten Sidoarjo yang aman dan kondusif,” ungkapnya.

Komandan Kodim (Dandim) 0816 Sidoarjo Letkol Inf. Fadli Mulyono menjelaskan bahwa penutupan Sidoarjo Siap 24 Jam sengaja dikemas dalam bentuk doa bersama untuk Indonesia dengan tujuan untuk mendoakan bangsa Indonesia agar terhindar dari bencana alam, seperti yang telah terjadi bencana gempa di Lombok beberapa hari lalu.

“Selain itu, mendoakan agar Indonesia terhindar bahaya terorisme dan radikalisme serta bahaya Narkoba,” jelasnya.

Diterangkan oleh Letkol Inf. Fadli Mulyono bahwa Sidoarjo Siap 24 Jam sudah dilaksanakan selama dua bulan yang bersinergi dengan Kabupaten Sidoarjo diluar pokok kegiatan Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (TNI AD) tersebut.

Kegiatan yang diselenggarakan sejak tahun 2010 dan dilanjutkan ditahun 2012, 2016 serta ditahun 2018 ini bertujuan untuk ikut serta membangun Kabupaten Sidoarjo.

“Sidoarjo Siap 24 Jam sebagai upaya Kodim 0816 Sidoarjo membantu Pemerintah Daerah Kabupaten Sidoarjo menciptakan situasi dan kondisi wilayah yang aman, nyaman dan sejahtera selama 24 jam,” terangnya.

Sidoarjo Siap 24 Jam merupakan kegiatan inovasi dan kreatif Kodim 0816 Sidoarjo yang memiliki makna Sidoarjo lebih Semangat, Inovasi, Aman dan Peduli (SIAP) selama 24 jam.

Kegiatan tersebut mengedepankan pembinaan teritorial melalui kemitraan sebagai upaya untuk membangun sinergisitas bersama dengan segenap unsur.

Untuk itu, melalui kegiatan seperti ini diharapkan tercapainya hubungan yang harmonis antara aparatur Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Sidoarjo, TNI, Polri dan masyarakat demi terciptanya wilayah yang kondusif di Kabupaten Sidoarjo.

“Semoga kami pada Sidoarjo Siap 24 Jam yang akan datang dapat membantu tugas-tugas pemerintah daerah guna membentuk jiwa karakter masyarakat Sidoarjo, khususnya para generasi muda untuk lebih SIAP selama 24 jam,” harapnya.

Adapun berbagai kegiatan Sidoarjo Siap 24 Jam yang telah dilaksanakan oleh Kodim 0816 Sidoarjo, diantaranya Sidoarjo Bersih dan Hijau 24 Jam, Sidoarjo Guyub, Rukun 24 Jam yang dikemas dalam lomba burung berkicau, Sidoarjo Sehat, Aman dan Nyaman 24 jam dengan kegiatan bersih-bersih sungai serta kegiatan Cangkrukan Bela Negara yang dilakukan di seluruh kecamatan di Kabupaten Sidoarjo.

Diselenggarakan juga kegiatan lomba Cerdas Cermat Bela Negara yang diikuti oleh seribu pelajar se Kabupaten Sidoarjo serta kegiatan Perkemahan Kebangsaan Bhineka Tunggal Ika yang diikuti oleh 500 peserta Pramuka. (imams/kominfo)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*