Kabupaten Sidoarjo Punya Pusat Grosir Buah dan Sayur

Pemukulan gong oleh Wakil Bupati Sidoarjo H. Nur Ahmad Syaifuddin, SH tanda dibukanya Suncity Biz.

SIDOARJO (beritasidoarjo.com) Wakil Bupati Sidoarjo H. Nur Ahmad Syaifuddin, SH meresmikan pusat perdagangan dan bisnis “Suncity Biz“ diarea seluas 16 hektare yang berada di Jalan Arteri Porong, Kamis (30/8/2018).

Suncity Biz ini merupakan pusat buah dan sayur terlengkap, termurah dan terbesar di Provinsi Jawa Timur (Jatim) yang memiliki lokasi paling strategis karena berada di nol jalan arteri dan hanya berjarak 300 meter dari Jalan Arteri Porong.

Deny Chandra Purnama, Manajer Suncity Biz mengatakan bahwa berdirinya pasar pusat buah dan sayur Provinsi  Jatim ini berawal dari keluhan pedagang pada waktu kegiatan Kamar Dagang Indonesia (Kadin) Jatim.

Saat itu, para pedagang mengatakan bahwa di Jatim belum ada pusat buah dan sayur besar dengan fasilitas yang betul-betul memadai dan mampu menampung hasil panen petani.

“Selama ini petani banyak mengalami kesulitan untuk memasarkan hasil panennya,” katanya.

Dijelaskan oleh Deny Chandra bahwa pasar buah dan sayur ini tidak hanya melayani kebutuhan masyarakat saja, namun juga untuk melayani kebutuhan seluruh area wilayah Indonesia Timur mulai dari Kalimantan, Bali Nusa Tenggara, Sulawesi sampai ke Papua.

Standarisasi hasil pertanian di Jatim hingga kini masih belum memenuhi standart internasional sehingga sedang diupayakan oleh Suncity Biz bersama pemerintah, eksportir dan akademisi

“Kami juga ikut mengembangkan hasil pertanian yang berkualitas unggul serta untuk mempertemukan para petani dengan pedagang yang tepat,” jelasnya.

Ia juga mengungkapkan bahwa Suncity Biz memiliki banyak konsep, diantaranya konsep pertokoan, perdagangan yang berupa ruko, konsep pergudangan tapi juga bisa untuk jualan.

“Untuk yang saat ini kita launching pusat grosir buah dan sayur, kita sediakan sebanyak 660 lapak. Dari lapak tersebut sudah disewa oleh 220 pedagang, dan mulai hari ini sudah bisa berjualan,” ungkapnya.

Selain fasilitas perdagangan, Suncity Biz juga dilengkapi fasilitas umum, seperti masjid dan pujasera, perbankan, fasilitas pengamanan satpam dan alat pemadam kebakaran, serta cold storage agar umur buah dan sayur bisa lebih panjang sehingga harga jual tidak turun.

“Sangat disayangkan jika pemerintah sudah membangun infrastruktur yang bagus, yakni pembangunan jalan dan tol tidak dimanfaatkan oleh pihak swasta dengan baik. Ini yang menjadi dasar pemikiran kita juga,” ucapnya.

Wakil Bupati Sidoarjo H. Nur Ahmad Syaifuddin, SH memandang bahwa pada dasarnya pembangunan Suncity Biz adalah untuk membantu yang lemah (pedagang dan petani sayur dan buah) dan meningkatkan perekonomian masyarakat dengan menggandeng pihak-pihak swasta.

“Keberanian Suncity Biz dalam mendirikan pusat perbelanjaan di Jatim harus didukung oleh semua pihak. Karena tidak saja berorientasi bisnis semata, namun untuk menggerakkan dan meningkatkan perekonomian di Jatim, terutama untuk petani sayur dan buah,” terangnya.

Diakhir acara dilaksanakan penandatangan Memorandum of Understanding (MoU) dan pemukulan gong oleh Wakil Bupati Sidoarjo H. Nur Ahmad Syaifuddin yang didampingi oleh Manajeman Suncity Biz, Suncity Grup, Komisaris PT. Indo Purnama Investama, pimpinan perbankan dan pimpinan Asosiasi Petani Hortikultura Indonesia sebagai tanda dibukanya pasar buah dan sayur terbesar di Jatim itu. (imams/kominfo)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*