Pemkab Sidoarjo Sosialisasikan Germas Ke Pekerja Perusahaan

Wakil Bupati Sidoarjo H. Nur Ahmad Syafuddin, SH saat membuka sosialisasi Germas Pekerja di Hotel Utami.

SEDATI (beritasidoarjo.com) Wakil Bupati (Wabup) Sidoarjo H. Nur Ahmad Syafuddin, SH membuka sosialisasi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) pekerja di Hotel Utami, Kecamatan Sedati, Kamis (6/9/2018).

Kegiatan tersebut diikuti oleh beberapa perusahaan dan seluruh Puskesmas serta Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang ada dilingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sidoarjo.

Wabup Sidoarjo H. Nur Ahmad Syafuddin mengatakan bahwa Germas merupakan kegiatan bersama untuk meningkatkan kualitas hidup manusia yang melibatkan seluruh komponen dengan harapan prilaku hidup sehat ada ditengah-tengah masyarakat.

“Germas merupakan suatu tindakan yang sistematis dan terencana yang dilakukan bersama-sama oleh seluruh komponen bangsa dengan kesadaran, kemauan dan kemampuan berperilaku sehat guna meningkatkan kualitas hidup,” katanya.

Pria yang biasa dipanggil Cak Nur itu mengungkapkan bahwa saat ini terjadi pergeseran pola penyakit pada masyarakat, dimana pada era sebelumnya penyakit menular seperti ISPA, tuberkulosis maupun diare merupakan penyakit terbanyak yang diidap masyarakat.

Namun saat ini penyakit tidak menular seperti stroke, jantung koroner, kanker maupun diabetes justru menduduki peringkat tertinggi dalam pelayanan kesehatan.

Menurutnya Cak Nur bahwa hal itu disebabkan adanya perubahan gaya hidup masyarakat, dimana pola makan dan perilaku yang tidak sehat menyadi penyebab munculnya penyakit tersebut.

“Dengan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat yang dilaksanakan bersama-sama diharapkan penyakit-penyakit yang timbul akibat pola makan dan perilaku yang tidak sehat secara bertahap dapat dikendalikan hingga ke titik yang bisa ditoleransi,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Bidang (Kabid) Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Sidoarjo dr. Zuhaida, M. Kes menjelaskan bahwa kegiatan sosialisasi Germas Pekerja merupakan kegiatan lintas sektor.

Kegiatan tersebut merupakan bagian dari Program Kesehatan Kerja dan Olahraga dari Direktorat Kesehatan Kerja dan Olahraga Kementerian Kesehatan Republik Indonesia yang bertujuan untuk meningkatkan penerapan kesehatan pekerja di lingkungan perusahaan.

“Program Kesehatan Kerja dan Olahraga dilakukan di Kabupaten Sidoarjo karena beberapa pertimbangan, salah satunya banyaknya pekerja perusahan di Kabupaten Sidoarjo,” jelasnya.

Menurut Zuhaida bahwa saat ini ada 938 perusahan di Kabupaten Sidoarjo dengan jumlah pekerja mencapai 21.782 orang.

“Pelaksanakan program tersebut dilakukan melalui dua kegiatan,” ucapnya.

Selain kegiatan sosialisasi Germas Pekerja juga akan dilakukan kunjungan dan pembinaan di PT. Young Tree di Kecamatan Wonoayu. (imams/kominfo)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*