Gelar Ruwat Desa, Cara Warga Keboguyang Hormati Leluhur

Camat Jabon Agus Sudjoko saat memberikan sambutan diacara Ruwat Desa Keboguyang.

JABON (beritasidoarjo.com) Warga Desa Keboguyang, Kecamatan Jabon menggelar acara selamatan desa atau ruwat desa di pertigaan tanggul Sungai Brantas, Rabu (3/10/2018).

M. Musa Kepala Desa (Kades) Keboguyang mengatakan bahwa acara ruwat desa adalah kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap tahunnya, terutama pada akhir Bulan Syuro dalam kalender Jawa.

Dikatakan oleh Kades M. Musa bahwa pada acara puncak kegiatan ruwat desa tersebut pihaknya selalu menghadirkan hiburan rakyat, seperti pagelaran wayang kulit atau ludruk.

“Giliran tahun ini hiburan ludruk, kalau tahun lalu wayang kulit. Begitu seterusnya,” katanya.

Diungkapkan oleh M. Musa bahwa acara ruwat desa adalah salah satu cara ataupun adat istiadat yang ada didesanya dalam rangka menghargai dan menghormati jasa-jasa para leluhurnya.

“Kita tinggal melanjutkan dan melestarikan budaya leluhur, salah satunya yaa ruwat desa ini,” ungkapnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Supeno Sekretaris Desa (Sekdes) Keboguyang bahwa ruwat desa adalah salah satu wujud rasa sukur warga terhdap sang pencipta dan sekaligus menghormati jasa-jasa para sesepuh yang telah susah payah babat alas Desa Keboguyang.

“Siapa yang bersyukur, niscaya Allah menambah kenikmatan tersebut. Dan siapa yang mengkufuri nikmat, niscaya Allah akan murka,” sampainya.

Sementara itu, Camat Jabon Agus Sudjoko menuturkan bahwa pihaknya sangat mengapresiasi acara ruwat desa tersebut karena antara warga, tokoh masyarakat dan perangkat Desa Keboguyang bergotong royong demi suksesnya kegiatan itu.

Untuk itu, ia berharap acara ruwat desa seperti ini perlu dilestarikan untuk memupuk rasa persatuan ditengah-tengah masyarakat, terutama antara warga dengan Pemerintah Desa Keboguyang.

“Momentum seperti ini harus tetap dilestarikan. Selain sebagai wujud penghormatan terhadap leluhur, juga untuk memepuk rasa persatuan antara masyarakat dengan pemerintah desa,” tuturnya. (pram)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*