Pelaksanakan Test CPNS Secara Mandiri Hari Pertama Berjalan Lancar

Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah, SH, M.Hum meninjau langsung pelaksanaan test CPNS hari pertama di kantor BKD Sidoarjo.

SIDOARJO (beritasidoarjo.com) Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sidoarjo melaksanakan test Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kabupaten Sidoarjo mulai hari ini di kantor BKD Sidoarjo, Jumat  (2/11/2018).

Ada sekitar 127 komputer yang disediakan BKD Sidoarjo dalam pelaksanaan test CPNS tahun ini untuk 6.700 peserta dengan menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT) dan test CPNS ini adalah pertama kalinya yang dilakukan secara mandiri oleh BKD Sidoarjo.

Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah, SH, M.Hum yang meninjau langsung test CPNS di hari pertama mengatakan bahwa ia berharap pelaksanaan test CPNS bisa berjalan lancar sampai akhir nanti.

Dikatakan oleh H. Saiful Ilah bahwa BKD Sidoarjo telah menyiapkan sarana dan prasarananya, dimana pelaksanaan test CPNS tersebut dilakukan secara online dan baru pertama kalinya di lakukan oleh BKD Sidoarjo.

“Alhamdulillah BKD Sidoarjo bisa melaksanakan secara mandiri test CPNS tahun ini,” katanya.

Kepala BKD Sidoarjo Sri Witarsih menjelaskan bahwa 6.700 peserta yang telah dinyatakan lolos administrasi penerimaan CPNS Kabupaten Sidoarjo tahun 2018 ini.

Dimana pelaksanaannya dilakukan di lantai 1 dan 2 gedung BKD Sidoarjo. di lantai 1 disediakan 25 komputer dan di lantai 2 ada 102 komputer yang siap dipakai peserta test CPNS.

“Pelaksanaannya sampai tanggal 12 Nopember 2018,” jelasnya.

Ia juga menjelaskan bahwa pelaksanaan test CPNS hari ini dibagi dalam 4 sesi dan di hari-hari selanjutnya dilaksanakan dalam 5 sesi.

Namun sebelum pelaksanaan tes, para peserta diverifikasi kembali data kepesertaannya apabila dianggap sesuai maka peserta akan mendapatkan name text.

“Kemudian peserta diberikan pin user name untuk masuk ke sistem CAT,” terangnya.

Diungkapkan oleh Witarsih bahwa panitia penerimaan CPNS menyediakan ruang steril, dimana para peserta tidak diperbolehkan membawa peralatan apapun, seperti kertas, pensil dan ballpoint dilarang untuk dibawa.

“Tas sudah harus dititipkan ke panitia,” ungkapnya.

Bahkan menurut Witarsih, panitia menggunakan alat pemeriksaan badan untuk mengatisipasi kecurangan pada pelaksanaan  test CPNS kali ini.

Sementara itu, Vice Admira F, S.Pd, M.Si dari Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Jawa Timur (Jatim) yang saat itu ikut melihat pelaksanaan test CPNS mengaku bahwa pelaksanaannya berjalan lancar. “Sarana dan prasana yang telah disiapkan BKD Sidoarjo sudah cukup memadai,” ujarnya.

Maka dari itu, ia berharap pelaksanaan test CPNS di Kabupaten Sidoarjo akan terus berjalan lancar sampai akhir pelaksaannya. (imams/kominfo)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*