Wujudkan Demokrasi, Pemilihan Anggota BPD Tambak Kalisogo Dilakukan Serentak

Kades Tambak Kalisogo Fajar Sodiq saat berjabat tangan kepad pada seluruh calon anggota BPD yang sedang mengikuti kontestasi.

JABON (beritasidoarjo.com) Desa Tambak Kalisogo menggelar pemilihan anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) untuk 3 dusun, Dusun Kalisogo, Bangunrejo dan Dusun Bangunsari. Minggu (5/5/2019).

Untuk Dusun Kalisogo tercatat ada 9 nama calon, yaitu 1. Sumaji, 2. Khudlori, 3. Waras Eko R, 4. A Fajarul  I, 5. Ansori, 6. Alimah, 7. Heru Nur R dan perwakilan perempuan 1. Istinaunah,  2. Rizka Susanti.

Sedangkan untuk Dusun Bangunrejo ada 2 calon, yakni 1. Syaifudin Ridho, 2. Khusnul Waroh, sementara itu Dusun Bangunsari ada 2 calon yakni 1. Wiyono, 2. Ika Nurmalasari.

Masing-masing dusun memiliki jumlah hak pemilih, Dusun Kalisogo sebanyak 305 pemilih , Dusun Bangunrejo sebanyak 131 pemilih dan Dusun Bangunsari sebanyak 189 pemilih.

Ketua panitia penyelenggara M. Saiku yang didampingi oleh staf BPD Tambak Kalisogo M. Syaifuddin Zuhri mengatakan bahwa masa jabatan anggota BPD Tambak Kalisogo untuk periode 2019-2025 dengan sistem pemilihan atau pencoblosan secara langsung.

“Sebelumnya datang dan mencoblos, mereka mendapatkan surat panggilan pemilih. Itupun surat tersebut satu rumah dua orang,” katanya.

Ditambahkan oleh M. Syaifuddin Zuhri bahwa proses pemilihan dilakukan panitia secara terbuka dan demokratis sehingga tidak dimungkinkan terjadi hal kecurangan atau lainnya. “Sebab kita membuat tata tertib sudah disetujui oleh para calon,” tambahnya.

Diungkapkan oleh Syaifuddin bahwa para pemilih diharuskan datang ketempat pencoblosan sekitar pukul 08.00 WIB dan ditutup 13.00 WIB.

“Selebihnya tidak boleh dilakukan pencoblosan, dan itupun sudah diatur di tatib,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Desa (Kades) Tambak Kalisogo Fajar Sodiq menuturkan bahwa pemilihan anggota BPD dan Ketua, nanti dipilih oleh internal BPD setelah dilakukan pemilihan ini.

Dituturkan oleh Fajar Sodiq bahwa dengan adanya kegiatan ini, warganya cukup antusias dan simpatik, dikarenakan pemilih yang 1 rumah diambil dua orang, yakni 1 perempuan dan 1 perwakilan laki-laki.

“Pemilihan Badan Permusyawaratan Desa atau BPD dilakukan serentak pada tiga Dusun diwilayah Desa Tambak Kalisogo. Kita tingkatkan demokrasi masyarakat, mewujudkan transparan bagi calon dan para pemilih. Minimal menciptakan, kebersamaan, keterbukaan sehingga kedepannya tidak ada masalah,” tutur Fajar Sodiq.

Pada pemilihan anggota BPD untuk Dusun Kalisogo itu, Sumaji memperoleh 109 suara,  Khudlori memperoleh 22 suara,  Waras Eko R  memperoleh 25 suara,  A Fajarul I memperoleh 21 suara, Ansori memperoleh 22 suara, Alimah memperoleh 16 suara, Heru Nur R memperoleh 27 suara dan perwakilan perempuan, Istinaunah memperoleh 330 suara, Rizka Susanti memperoleh 172 suara.

Sedangkan untuk Dusun Bangunrejo, Syaifudin Ridho memperoleh 91 suara, Khusnul Waroh memperoleh 14 suara dan Dusun Bangunsari, Wiyono memperoleh 108 suara, Ika Nurmalasari memperoleh 14 suara. (imams)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*