Wabup Canangkan Desa Kedungbocok Sebagai Desa Wisata Lele

Wakil Bupati Sidoarjo, MG.Hadi Sutjipto, sedang memanen ikan lele.

TARIK (beritasidoarjo.com) Sidoarjo memiliki potensi dalam menjadikan Indonesia pada tahun 2014 sebagai pengekspor ikan tawar terbesar didunia dengan memiliki lahan  perikanan air tawar yang sangat luas yaitu 36 Ha yang tersebar diseluruh wilayah Sidoarjo.

Pemkab Sidoarjo dalam hal ini Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Sidoarjo melakukan berbagai kegiatan yang berkaitan dengan pembudidayaan ikan tawar khususnya ikan lele.

Wakil Bupati (Wabup) Sidoarjo, MG.Hadi Sutjipto, mencanangkan Desa Kedungbocok, Kecamatan Tarik sebagai Desa Wisata Lele dan membuka panen raya, Selasa (24/1/2012).

Pada kesempatan itu juga disajikan bebagai macam makanan dari bahan dasar ikan lele diantaranya, krupuk lele, abon lele, bakso lele dan lain sebagainya.

Kecamatan Tarik sangat potensial dalam usaha pembudidayaan ikan tawar dengan sistem kerambah karena sesuai dengan kondisi air dan hasil ikannya tidak bau tanah dan masih terbukanya pasar untuk ikan tawar ini baik dalam maupun luar negeri.

Di Sidoarjo perkembangan pembudidayaan ikan air tawar sangat signifikan terlihat dari jumlah kelompok budi daya ikan air tawar pada tahun 2010 sebanyak 32 kelompok dan pada tahun 2011 meningkat menjadi 42 kelompok.

Itu merupakan bukti bahwa budidaya ikan air tawar di Sidoarjo mengalami peningkatan pesat, serta dibarengi dengan peningkatan hasil komoditi ikan air tawar tahun 2010 menghasilkan 1600 ton/tahun dan meningkat menjadi 2513 ton/tahun.

“Dengan meningkatnya permintaan pasar akan kebutuhan konsumsi ikan tawar yang terus meningkat menjadikan para pembudidaya ikan tawar ini meningkat pesat, dan terus meningkatkan teknologi baik secara intensifikasi maupun perluasan lahan dan pengaturan ragam komoditas,” kata Wabup Sidoarjo, MG.Hadi Sutjipto dalam sambutannya.

Dikecamatan Tarik, kelompok budidaya ikan lele ada 9 kelompok dan semuanya menggunakan sistem kerambah dan sudah bisa membuat pakan lele sendiri dalam usaha meningkatkan hasil panennya.

Panen raya ikan lele ditandai dengan pelepasan balon oleh Wabup MG.Hadi Sutjipto dan dilanjutkan pemanenan ikan lele dikolam kerambah bersama dengan Forum Pimpinan Daerah (Forpimda) Kabupaten Sidoarjo. (muclis)

Subscribe to Comments RSS Feed in this post

5 Responses

  1. Asam pedas, sate lele, Lele Goreng Saos Tiram, dll masih banyak menu, jika berminat hubungi kami di :
    Pokan Tirta Sejahtera Singogalih, Kec Tarik Kab. Sidoarjo. dgn PC Ibu Lilis J Nisa, 0321-6111975

  2. Bu Lilis, bakso lele-nya nikmat sekali, ini merupakan makanan jajanan alternatif bgi org2 yg diet kayak saya, dan mungkin bagi yg hypertensi bisa mencoba mencicipinya, tapi kog jauh yaa harus ke Tarik dulu, saya kan di Sby :) Dan saya sempat bincang2 dgn petugas yg jaga stand saat dipameran alun-2 sidoarjo, Ibu Lilis ini akan membuat bakso lele instant, wahh luar biasa ini, kami tunggu Produk Luar biasa ini.

    • Mbak apa Ibu ya Aisya Zalfany, makasih atas atensi dan pujiannya, selain bakso lele kami jga siap melayani segala masakan dgn bahan lele, mulai capjay dgn daging lele, Lele Asam pedas, Sate Lele, Lele Jumbo Saos Tiram, naget, dan lain-lain, silakan Mbak Zalfa datang ke tempat kami : Pokan “Tirta Sejahtera” Singogalih Tarik Sda, hub saya di 0321-6111975.

  3. silakan konjungi portal kami di http://tirtasejahterasingogalih.wordpress.com

    salam
    Lilis J.Nisa
    Manager Resto Lele Tirta Sejahtera Singogalih

  4. buth kerja sama saya ad modal yg cukup…081949668821

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*

PKB&GardaS

beritasidoarjo

beritasidoarjo

beritasidoarjo

beritasidoarjo