351 Babinsa Dilatih Cara Sosialisasikan Program KB

Letkol M.Miftah, Komandan Kodim 0816 Sidoarjo.

SIDOARJO (beritasidoarjo.com) Sekitar 351 Bintara Pembina Desa (Babinsa) se-Kabupaten Sidoarjo mengikuti pelatihan program Komunikasi Informasi Edukasi, kependudukan dan Keluarga Berencana (KB) yang diselenggarakan oleh Badan Pemberdayaan Masyarakat Perempuan Dan Keluarga Berencana (BPMPKM) Kabupaten Sidoarjo bekerjasama dengan Komando Distrik Militer (Kodim) 0816 Sidoarjo, Rabu (22/2/2012).

Menurut Kepala Bidang (Kabid) KB BPMPKB Kabupaten Sidoarjo, Dra.Heni Kristiani, mengatakan bahwa pelatihan yang digelar di ruang pertemuan Delta Praja itu bertujuan untuk memberikan pemahaman serta pengetahuan kepada Babinsa tentang KB, sekaligus pengenalan terhadap beragam alat kontrasepsi.

“Para peserta juga dilatih cara menarik minat masyarakat di desa untuk ber-KB,” katanya.

Selain itu mereka juga diberikan teknik untuk melakukan sosialisasi dan wawasan seputar bahaya HIV/AIDS sekaligus pengetahuan seputar bahaya narkoba.

“Dengan begitu, kita juga bisa memberikan pemahaman seputar bahaya penyakit menular mematikan itu,” kata Heni.

Sementara itu Komandan Kodim (Dandim) 0816 Letkol M.Miftah menegaskan, bahwa Tentara Nasional Indonesia (TNI) selain bertugas sebagai keamanan nasional juga memiliki tugas-tugas khusus sebagai pemberdayaan wilayah pertahanan serta tugas membantu pemerintah.

“TNI sangat konsen terhadap pertambahan jumlah penduduk, karena hal itu berkaitan langsung dengan pertahanan nasional,” ucapnya.

Dandim juga berpesan agar Babinsa lebih giat mengajak masyarakat di desa ber-KB dan juga mengusulkan agar setiap desa menggiatkan kembali Posyandu, karena dengan adanya wadah tersebut memudahkan Babinsa melakukan sosialisasi. (imams)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*

PKB&GardaS

beritasidoarjo

beritasidoarjo

beritasidoarjo

beritasidoarjo