MTQ Tingkat Kabupaten Sidoarjo Tahun 2012 Diikuti 355 Peserta

Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah SH,M.Hum saat membuka MTQ Tingkat Kabupaten Sidoarjo di Masjid Agung.

SIDOARJO (beritasidoarjo.com) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sidoarjo menggelar Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) di Masjid Agung Sidoarjo yang diikuti oleh  355 peserta dari semua cabang yang dilombakan, Sabtu (8/12/2012).

Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah SH,M.Hum yang membuka kegiatan dua tahunan tersebut mengatakan bahwa diselenggarakannya MTQ sebagai sarana untuk menjaring bibit-bibit unggul dalam hal membaca Al-Qur’an.

“Kegiatan MTQ ini merupakan sarana untuk mencari bibit unggul yang nantinya dapat menjadi wakil dari kabupaten Sidoarjo dalam kegiatan MTQ di jenjang yang lebih tinggi sehingga akan mendapatkan duta peserta MTQ yang dapat dibanggakan,” katanya.

Disamping itu kegiatan ini merupakan tolak ukur bagi pembinaan Tilawatil Qur’an di Kabupaten Sidoarjo dalam mencetak kader MTQ unggulan.

Dalam kesempatan itu, Saiful Ilah menyampaikan bahwa dalam ajang MTQ di tingkat Propinsi Jawa Timur (Jatim), Kabupaten Sidoarjo telah 4 kali menyabet juara umum dan pernah menjadi juara umum 3 kali berturut-turut.

Pada MTQ XXIV Propinsi Jatim yang diselenggarakan tahun 2011 lalu di Kota Madiun, Kabupaten Sidoarjo mendapatkan piala bergilir dari Gubernur Jatim.

“Kedepannya kita upayakan tetap mempertahankan juara umum tersebut,”pintanya.

Drs. Ilhammudin, ketua panitia penyelenggara MTQ Tingkat Kabupaten Sidoarjo tahun 2012 mengatakan bahwa lomba baca Al-Qur’an yang di selenggarakan selama dua hari  tersebut melombakan 6 cabang.

Diantaranya cabang Tilawah yang terdiri dari tartil, golongan anak-anak, remaja dan dewasa serta cabang Hifzh Al-Qur’an yang terdiri dari golongan 1 juz dan tilawah, 5 juz dan tilawah, 10 juz, 20 juz dan 30 juz.

Sedangkan untuk cabang tafsir Al-Qur’an yang juga dilombakan terdiri dari golongan tafsir Al-Qur’an bahasa Indonesia, Arab, Inggris dan cabang Fahmil Qur’an, Syar’hiil Qur’an serta cabang Khat AlQur’an yang terdiri dari golongan naskah, hiasan mushaf dan golongan dekorasi.

“Para peserta berusia antara 5 sampai denga 38 tahun dan harus warga Kabupaten Sidoarjo,” ujarnya.

Selain di Masjid Agung Sidoarjo, MTQ kali ini ditempatkan di Pendopo Delta Wibawa dan Delta Nugraha Kabupaten Sidoarjo, aula Delta Graha Setda Sidoarjo dan Musholla Al-Ikhlas Pemkab Sidoarjo serta Musholla dan aula Kemenag Sidoarjo. (imams)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*

PKB&GardaS

beritasidoarjo

beritasidoarjo

beritasidoarjo

beritasidoarjo