Jelang UN, Bupati Lantik 83 Rayon/Sub Rayon

Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah saat menyaksikan penandatanganan pakta integritas saat pelantikan panitia rayon/sub rayon UN.

SIDOARJO (beritasidoarjo.com) Bupati Sidoarjo, H. Saiful Ilah melantik 83 rayon/sub rayon yang terdiri dari koordinator, pengawas dan pengamanan dalam rangka menjelang Ujian Nasional (UN) di Pendopo Delta Wibawa, Jum’at (5/4/2013).

UN di selenggarakan secara serempak pada tanggal 6 Mei 2013 dari mulai SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA dan SMK.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sidoarjo, Agoes Boedi Tjahjono mengatakan bahwa 95 persen persiapan UN pada tahun ajaran 2012-2013 sudah terpenuhi.

“Sedangkan yang 5 persen akan terpenuhi pada H-2 atau H-1 menjelang pelaksanaan UN,” kata Agoes.

Pelaksanaan UN pada tahun ini berbeda dengan tahun-tahun yang sebelumnya, yaitu menggunakan 20 paket soal yang berbeda.

“Setiap ruang terdiri dari 20 peserta UN dengan 20 soal yang berbeda satu dengan yang lainnya,” katanya.

Hal itu dilakukan untuk menghindari kecurangan yang dilakukan oleh peserta UN yaitu saling contek antar peserta apabila soal ujiannya sama.

Sementara itu H. Saiful Ilah mengatakan bahwa prestasi pada tahun ajaran yang lalu harus bisa dipertahankan, dimana rata-rata nilai UN SD/MI di Kabupaten Sidoarjo menduduki peringkat kedua di tingkat Propinsi Jawa Timur (Jatim).

“Nilai rata-rata UN SMP/MTs menempati peringkat pertama yaitu 8,79, sedangkan nilai rata-rata di tingkat Jatim sebesar 7,93,” ucapnya.

Begitu juga dengan nilai rata-rata UN tingkat SMA/MA pada tahun lalu menempati posisi pertama di tingkat Jatim, yaitu sebesar 8,59 diatas nilai rata-rata Propinsi Jatim 8,18.

Sedangkan nilai rata-rata di tingkat SMK hanya menduduki peringkat keempat se Propinsi Jatim pada tahun ajaran yang lalu.

“Prestasi ini harus dipertahankan dan tidak ada kata sulit apabila ada komitmen bersama antar pihak yang terkait,” pesannya.

Pada tahun ini jumlah total peserta UN sebanyak 81.238 yang terdiri dari 33.794 SD/MI, 28.428 SMP/MTs, 11.101 SMA/MA, 12.434 SMK, 47 Kejar paket A, 327 Kejar paket B dan 198 Kejar paket C. (imams)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*