Pemkab Berikan Kredit Ringan Untuk UMKMK Sidoarjo

Pegawai dari Bank Jatim sedang melayani para debitur dari UMKMK di wilayah Sidoarjo.

SIDOARJO (beritasidoarjo.com) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sidoarjo mengucurkan kredit ringan bagi Usaha Mikro, Kecil, Menengah dan Koperasi (UMKMK) melalui Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian, Perdagangan dan Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Kabupaten Sidoarjo bekerjasama dengan Bank Jatim di Pendopo Delta Nugraha, Selasa (21/5/2013).

Kepala Bidang Fasilitasi dan Pelayanan Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian, Perdagangan dan ESDM Kabupaten Sidoarjo Dana Riawati mengatakan bahwa bahwa pemberian kredit untuk UMKMK kali ini merupakan tahap II dan tahap III.

“Beberapa bulan yang lalu kami telah mengucurkan kredit tahap I untuk UMKMK sebesar Rp 303 juta,” katanya.

Sedangkan untuk tahap II pihaknya akan mengucurkan anggaran sebesar Rp 995 juta dan Rp 939 juta untuk tahap III.

Kredit ringan untuk UMKMK melalui dana bergulir dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Sidoarjo sebesar Rp 7,7 miliar itu akan dikucurkan untuk beberapa tahap lagi.

“Untuk tahap IV sudah ada seribu debitur yang telah mengambil formulir ke kantor kami,” kata perempuan yang biasa dipanggil Dana itu.

Pemkab Sidoarjo memberikan bunga hanya 6 persen bagi 164 UKM dan 2 koperasi sebagai suntikan modal agar bisa mengembangkan usahanya.

Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah berharap agar kredit dengan bunga ringan ini benar-benar dipakai sebagai modal usaha dalam meningkatkan perekonomian mikro dan menengah.

“Saya berharap dengan bunga yang ringan atau 6 persen dalam setahun ini, benar-benar dimanfaatkan untuk usaha bukan untuk yang lainnya,” ucapnya.

Selain itu dengan kredit berbunga ringan ini diharapkan mampu medongkrak UMKMK di Sidoarjo sehingga bisa bersaing dengan negara-negara lain.

Bupati Saiful Ilah juga berharap agar bunga 6 persen itu dari tahun ke tahun bisa diturunkan sehingga UMKMK di Sidoarjo terus berkembang.

“Saya berharap agar bunganya dari tahun ke tahun bisa diturunkan. Seperti diluar negeri bunga Bank itu sangat murah sehingga masyarakatnya bisa terus mengmbangkan usahanya,” tuturnya. (imams)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*

bpdam