Hadapi Sengketa Pemilu, KPU Sidoarjo Dengan Kejari Tandatangani MoU Perdata Dan Tata Usaha Negara

Ketua KPU Kabupaten Sidoarjo Bima Ariesdiyanto dan Kepala Kejari Sidoarjo Sumardi menandatangani MoU bidang perdata dan tata usaha negara disaksikan Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah dan Ketua DPRD Sidoarjo H. Dawud Budi Sutrisno.

SIDOARJO (beritasidoarjo.com) Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sidoarjo dan Kejaksaan Negeri (Kejari) Sidoarjo melakukan penandatangan memorandum of understanding (MoU) bidang perdata dan tata usaha negara di ruang transit Pendopo Delta Wibawa, Rabu (19/6/2013).

Ketua KPU Kabupaten Sidoarjo Bima Ariesdiyanto mengatakan bahwa jaksa bukan hanya mempunyai kewenangan penyidikan, pemeriksaan dan pelaksana ketetapan pengadilan, namun juga mempunyai kewenangan sebagai pengacara negara.

“Artinya pada konteks ini apabila ada gugatan Pemilu di Makamah Konstitusi, maka kami bisa meminta jaksa sebagai pengacara KPU,” katanya.

Diakui bahwa dalam proses Pemilu, baik Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada), Pemilihan Gubernur (Pilgub), Pemilihan Legislatif (Pileg) maupun Pemilihan Presiden (Pilpres) sangat rawan adanya sengketa.

Maka dari itu tujuan utama dari penandatanganan MoU ini sebagai bentuk ketegasan dari pihak Kejari Sidoarjo yang siap memberikan bantuan hukum kepada KPU Kabupaten Sidoarjo dalam menghadapi sengketa Pemilihan Umum (Pemilu).

“Penandangan MoU ini berlaku selama 2 tahun, mulai Pilgub, Pileg hingga Pilpres 2014 nanti,” ucapnya.

Sementara itu Kepala Kejari Sidoarjo Sumardi mengatakan bahwa apabila ada sengketa perdata dan tata usaha negara, maka jaksa pengacara dari Kejari Sidoarjo siap mendampingi KPU Kabupaten Sidoarjo.

“Namun semua itu tergantung dari permasalahannya. Apabila bisa diselesaikan diluar pengadilan, ya syukur,” tuturnya.

Jika tidak bisa diselesaikan diluar pengadilan, maka jaksa pengacara dari Kejari Sidoarjo siap mendampingi KPU Kabupaten Sidoarjo sampai proses di pengadilan selesai.

Penandatangan MoU bidang perdata dan tata usaha negara itu disaksikan oleh Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah, Ketua DPRD Sidoarjo H. Dawud Budi Sutrisno beserta seluruh komisioner KPU dan Forum Pimpinan Daerah (Forpimda). (imams)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*