Air Sungai Surut, Warga Panen Ikan

Warga Desa Tlasih, Kecamatan Tulangan turun ke sungai untuk menangkapi ikan yang sedang mabuk akibat kepanasan dan air sungai sedang surut.

TULANGAN (beritasidoarjo.com) Kekayaan alam Indonesia memang luar biasa, begitu juga yang ada di wilayah Kabupaten Sidoarjo, setelah beberapa bulan sungai afour yang melintasi Kecamatan Prambon, Krembung hingga Tulangan direndam air hujan.

Kini setelah surut atau debit airnya berkurang, warga yang rumahnya berdekatan dengan aliran sungai afour tersebut turun ke sungai untuk menangkap ikan yang mabuk akibat kekurangan air dan kepanasan.

Parto (55 tahun) salah satu warga Desa Tlasih, Kecamatan Tulangan mengatakan bahwa dirinya bersama dengan warga lainnya pada turun ke sungai setelah melihat banyak ikan yang mabuk.

“Sekitar jam dua belas siang tadi ikan-ikan di sungai ini banyak yang nggeliyeng (mabuk,red). Karena ikannya besar-besar, yaa kita turun untuk menangkapnya,” kata Parto, Senin (3/3/2014).

Dengan alat seadanya, warga mulai dari anak-anak hingga dewasa, baik laki-laki ataupun perempuan turun ke sungai untuk menangkapi ikan-ikan tersebut.

Adapun ikan-ikan yang berhasil ditangkap oleh warga diantaranya, ikan nila, mujaer, gabus, betok, keting bahkan udang.

“Lumayanlah mas, buat lauk hari ini,” katanya.

Diperkirakan banyaknya ikan jenis nila yang berhasil ditangkap warga disebabkan pada saat air sedang pasang karena hujan, banyak kolam warga yang airnya meluber ke sungai.

Sehingga ikan nila yang dibudidayakan di kolam-kolam tersebut ikut terseret air menuju sungai afour Tlasih. (imams)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*