BPMPKB Gelar Hasil Karya Pelatihan Perempuan Sekitar Pabrik Rokok

Kepala BPMPKB, Dra. Arsiyah, mencicipi hasil karya perempuan-perempuan yang telah dilatih

SIDOARJO (beritasidoarjo.com) Badan Pemberdayaan Masyarakat Perempuan dan Keluarga Berencana (BPMPKB) Kabupaten Sidoarjo menggelar hasil karya disekitar perusahaan rokok, Jum’at (18/11/2011) di Pendopo Delta Wibawa.

Sejak September 2011 lalu BPMPKB telah memberikan pelatihan kepada lebih dari 240 perempuan di sekitar lingkungan perusahaan rokok yang berada di wilyah Kabupaten Sidoarjo.

Menurut Kepala BPMPKB Kabupaten Sidoarjo, Dra. Arsiyah mengatakan bahwa pemberian keterampilan kepada perempuan di sekitar lingkungan industri rokok tersebut sebagai aplikasi dari penyerapan dana bagi hasil cukai sebesar Rp 900 juta.

“Kita telah berikan banyak pelatihan kepada perempuan-perempuan itu antara lain, berupa ketrampilan memasak, menjahit, tata boga, membuat kue serta beberapa ketrampilan lainnya,” katanya.

Selain itu pelatihan keterampilan tersebut di lakukan guna untuk menghindari adanya pengangguran akibat Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) yang dilakukan oleh perusahaan rokok.

“Kita ingin memberikan bekal ketrampilan kepada para perempuan tersebut, agar tidak menjadi pengangguran setelah terkena PHK yang perusahaan rokok tempatnya bekerja,” ucapnya.

Sementara itu BPMPKB juga memberikan  beberapa bantuan berupa alat-alat ketrampilan yang diserahkan langsung oleh asisten I Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sidoarjo, Ir Khamdani, anatara lain mesin jahit, blender dan kompor gas.

Menurut salah satu perempuan yang telah diberikan pelatihan, Ririn, warga Desa Kedungpandan, Kecamatan Jabon mengatakan bahwa apa yang telah di berikan oleh BKBPMP telah membantu keluarganya untuk mendapatkan uang tambahan.

“Alhamdulillah mas, semenjak kita bisa membuat keterampilan ini kita bisa membantu suami untuk mendapatkan uang tambahan buat belanja” kata perempuan yang kini pandai merajut tersebut. (imams)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*