Jaga Kerukunan Dengan Kirab Budaya Agama

SIDOARJO (beritasidoarjo.com) Untuk menjaga kerukunan antar umat beragama Pemkab Sidoarjo bekerjasama dengan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) menggelar awai budaya. Acara itu sekaligus mengisipelantikan kepengurusan FKUB Sidoarjo.
Beragam slogan diusung saat pawai, seperti “Agama tidak mengajarkan kebencian tapi mengajarkan kabaikan sesama”.Wakil Bupati Sidoarjo MG Hadi Sutjipto saat diarak naik reog Ponorogo

Kirab kerukunan beragama ini diikuti oleh perwakilan seluruh umat beragama se- kabupaten Sidoarjo. Masing – masing agama menampilkan kreativitasnya melalui karya seni.

Sejumlah kesenian yang ditampilkan dalam kirab kemarin mewakili dari kelompok agama Islam, Kristen, Hindu, Budha dan Kong Hu Chu. Kesenian yang di tampilkan mulai dari jaranan, reog, banjari, hadrah, tari kecak yang menceritakan kisah Rhama dan Shinta, Barong Bali, Barongsai, dan musik patrol.

Pawai diberangkatkan oleh Wakil Bupati Sidoarjo H. MG. Hadi Sutjipto, SH, MM, start dari paseban alun – alun Sidoarjo berlanjut ke Jalan Thamrin, Jl A. Yani dan kembali lagi ke paseban alun – alun Sidoarjo.

Sekretaris FKUB, M. Idham Kholiq mengatakan acara kirab kemarin mengatakan bahwa kirab ini merupakan bentuk kampanye, bahwa di Sidoarjo kerukunan umat beragama sangat diperhatikan oleh pemerintah.

Kampanye kerukunan beragama ini sangat penting karena sebagai langkah awal untuk menunjang kegiatan FKUB seterusnya.

“Kerukunan beragama yang mengambil tema membangun kerukunan umat beragama dalam format kebangsaan sangat tepat. Karena agama harus ada dalam format kerja kebangsaan .” Format kerja kebangsaan dalam kerukunan ini bias menjadi ruh kerja FKUB selanjutnya”, kata M Idham Kholiq. (imam safii)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*