Sidoarjo Direndam Banjir, Belum Ada Bantuan Untuk Warga

Warga Desa Sidokerto sedang membawa perabotan rumah tangganya ketempat yang lebih aman dari banjir.

SIDOARJO (beritasidoarjo.com) Hujan semalam suntuk membuat beberapa kecamatan di Kabupaten Sidoarjo direndam baniir hingga melumpuhkan aktifitas warga, seperti halnya di Kecamatan Sidoarjo Kota, Candi, Buduran, Sedati, Gedangan, Taman, Balongbendo dan Krian.

Suparno, salah satu warga Desa Sidokerto, Kecamatan Buduran mengatakan bahwa hujan yang terjadi semalam suntuk itu menyebabkan banjir yang merendam jalan raya, fasilitas umum dan masuk kedalam rumah-rumah warga.

“Akibatnya banyak warga yang tidak bisa melakukan aktifitasnya sehari-hari,” kata Suparno, Senin (10/10/2016).

Bahkan anak-anak pun terpaksa diliburkan karena sekolah mereka terendam banjir yang tingginya hingga lutut orang dewasa.

Ia juga mengungkapkan bahwa pihaknya sudah berkoordinasi dengan Camat Buduran agar warga didua RW, yaitu RW 05 dan RW 06 yang terkena banjir bisa mendapatkan bantuan dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sidoarjo.

“Sudah saya sampaikan kepada pak camat terkait nasib warga yang terkena banjir ini,” katanya.

Dijelaskan oleh Suparno bahwa atas usulan warga itu, Camat Buduran sudah melakukan koordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sidoarjo agar warga segera mendapatkan bantuan.

“Kasihan warga, mas. Akibat banjir ini, warga tidak bisa mencari nafkah dan anak-anak tidak bisa berangkat sekolah,” jelasnya.

Untuk itu, ia sangat berharap sekali agar Pemkab Sidoarjo segera memberikan bantuan kepada warga, baik berupa sembako atau bantuan lainnya.

Sementara itu, Ketua Komisi C DPRD Kabupaten Sidoarjo Achmad Amir Aslichin menuturkan bahwa Pemkab Sidoarjo telah menyiapkan Rp 51 M untuk mengatasi masalah banjir yang terjadi hampir setiap tahunnya.

“Anggaran untuk penanganan banjir itu diberikan kepada Dinas PU Pengairan, Dinas PU Bina Marga dan Dinas PU Cipta Karya,” tuturnya.

Angka yang sudah diteken pada PAK itu adalah Rp 20 M untuk Dinas PU Pengairan, Rp 27 M untuk PU Bina Marga, dan PU Cipta Karya sebesar Rp 4 M.

“Anggaran itu untuk pembangunan, perbaikan saluran air yang menjadi tanggung jawab masing masing dinas,” ucapnya.

Soal anggaran itu sudah diserap atau belum, Ketua Fraksi PKB DPRD Kabupaten Sidoarjo itu menyebutkan bahwa semua itu sudah menjadi ranah instansi tersebut.

Namun, pihaknya berharap bahwa dengan anggaran besar itu penanganan banjir akan bisa dilakukan dengan cepat dan tepat. (imams)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*